Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI: Tumpahan Minyak dan Serpihan Jadi Bukti KRI Nanggala Tenggelam

Kompas.tv - 24 April 2021, 18:51 WIB
panglima-tni-tumpahan-minyak-dan-serpihan-jadi-bukti-kri-nanggala-tenggelam
kapal selam KRI Nanggala 402 dikabarkan hilang kontak di Laut Bali, Rabu (21/4/2021). (Sumber: KOMPAS/CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO)
Penulis : Fadhilah | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nasib kapal selam KRI Nanggala 402 kini dinyatakan tenggelam. Hal itu dikatakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Menurutnya, isyarat subsunk (tenggelam) untuk KRI Nanggala 402 dinyatakan setelah melakukan pencarian selama 72 jam.

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam," ujar Hadi dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga: Batas Waktu 72 Jam Berakhir, Panglima TNI Nyatakan KRI Nanggala 402 Tenggelam

Barbuk Minyak dan Serpihan

Hadi mengatakan bahwa tim pencari sejauh ini sudah menemukan serpihan serta tumpahan minyak KRI Nanggala sebagai barang bukti (barbuk).

"Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," jelas Hadi.

Adapun barang-barang yang ditemukan yaitu pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan di botol oranye pelumas periskop kapal selam.

Ditemukan juga alat yang dipakai ABK Nanggala untuk salat dan spons untuk menahan panas pada presroom.

"Dengan adanya bukti otentik Nanggala, maka pada saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x