Kompas TV nasional sosial

Jokowi: Terima Kasih Umat Buddha yang Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Saat Rayakan Waisak

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 16:03 WIB
jokowi-terima-kasih-umat-buddha-yang-tetap-patuhi-protokol-kesehatan-saat-rayakan-waisak
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi Covid-19 di Riau dan Kepulauan Riau, Rabu (19/20/2021). (Sumber: Akun Twitter Presiden Jokowi )
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada umat Buddha yang tetap mematuhi protokol kesehatan selama memperingati Hari Tri Suci Waisak 2565 tahun Buddhis pada Rabu (26/5/2021) kemarin. 

Jokowi mengungkapkan apresiasinya kepada umat Buddha karena telah bersedia menyelenggarakan peringatan hari raya secara virtual, menghindari kerumunan dalam beribadah, dan mengurangi mobilitas.

"Kepatuhan menerapkan protokol kesehatan merupakan praktik keagamaan yang mulia. Menghormati dan menghargai sesama umat manusia bersama-sama berupaya memperoleh berkah kesehatan," kata Jokowi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (27/5/2021).

Jokowi mengatakan, peringatan Hari Tri Suci Waisak harus digunakan untuk memperkokoh komitmen dalam menghormati makna hakiki hidup dan kehidupan.

Menurutnya, makna kehidupan adalah untuk menjalankan praktik-praktik kebenaran, meraih keharmonisan, dan mengajarkan dharma atau dhamma sebagai pedoman untuk menunaikan tugas dan kewajiban.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Akurasi Data dalam Penyaluran Bantuan Pemerintah

"Dengan menjalankan dharma, umat Buddha mendapatkan kesempatan menata keseimbangan batinnya, memuliakan keagungan Tuhan Yang Maha Welas Asih, memuliakan harkat dan martabat kemanusiaannya sebagai umat beragama," ujar Jokowi.

Jokowi berujar, butir-butir keluhuran ajaran dharma juga sangat relevan dengan situasi pandemi saat ini di mana ajaran tersebut mengajak masyarakat untuk terus melangkah di jalan kebaikan, mengendalikan diri dari perilaku buruk, meningkatkan kepedulian kepada sesama, dan membantu dengan tulus dan ikhlas.

"Atas nama pemerintah, keluarga, dan pribadi, saya menyampaikan selamat memperingati hari Tri Suci Waisak tahun 2021 atau 2565 tahun Buddhis kepada seluruh umat Buddha di seluruh Tanah Air," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga telah mengucapkan Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 tahun Buddhis melalui akun Instagramnya @jokowi, Rabu (26/5/2021). 

"Semoga semua makhluk berbahagia," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Tetap Optimistis, Meski Tak Mudah Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x