Kompas TV nasional sosial

Jelang 1 Juni, Mari Mengenal Lokasi Bersejarah Lahirnya Pancasila

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 22:45 WIB
jelang-1-juni-mari-mengenal-lokasi-bersejarah-lahirnya-pancasila
Gedung Pancasila (Sumber: Kementerian Luar Negeri)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tahun pada tanggal 1 Juni, senantiasa diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila yang tak pernah lepas dari sosok Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Karena pada 1 Juni 1945, untuk pertama kalinya, Presiden Soekarno mengenalkan istilah Pancasila sebegai nama dari gagasan dasar negara yang ia sebutkan dalam pidatonya di sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Meski begitu, di balik momen bersejarah tersebut, terdapat dua tempat yang menjadi saksi bisu dari kelahiran Pancasila.

Baca Juga: Bakal Ada Syawalan Pancasila di Yogyakarta, Apa Itu?

1. Gedung Pancasila

Lokasi bersejarah pertama yang berkaitan dengan kelahiran Pancasila ini awalnya merupakan sebuah gedung Volksraad atau Dewan Perwakilan Rakyat pada masa pemerintahan Belanda.

Gedung yang kemudian dikenal sebagai Gedung Pancasila ini, pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945, digunakan oleh BPUPKI untuk menggelar sidang pertamanya yang membahas perumusan dasar negara, seperti dilansir dari Kemlu.go.id.

Sebagai salah satu tokoh yang diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasan mengenai dasar negara, Soekarno mendapat giliran pada 1 Juni 1945.

Dalam pidatonya kala itu, Soekarno memperkenalkan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka dengan nama Pancasila.

Dengan memuat nilai-nilai seperti Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, serta Ketuhanan Yang Maha Esa, usulan Soekarno lantas diterima secara aklamasi oleh segenap peserta sidang.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, BPIP Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih

2. Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x