Kompas TV nasional sosial

5 Musisi Berbakat Berebut Gelar Juara di Final Lomba Cipta Lagu Cinta Indonesia 2021

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 01:35 WIB
5-musisi-berbakat-berebut-gelar-juara-di-final-lomba-cipta-lagu-cinta-indonesia-2021
Lomba Cipta Lagu Cinta Indonesia. (Sumber: Youtube/Seniman Nusantara)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lima musisi berbakat akan tampil dalam ajang final Lomba Cipta Lagu Cinta Indonesia (LCLCI) pada Minggu (15/8/2021). Mereka adalah musisi-musisi pilihan yang berhasil unggul dari 582 peserta lomba lain.

Tema LCLCI tahun ini adalah "Ekspresikan cintamu kepada Indonesia". Ini adalah tahun kedua LCLCI diselenggarakan oleh Seniman Nusantara. 

Untuk diketahui, Seniman Nusantara adalah komunitas yang didirikan 9 pekerja seni, yaitu Harvey Malaihollo, Iis Sugianto, Andre Hehanussa, Lita Zen, Nindy Ellesse, Ronnie Sianturi, Chicha Koeswoyo, Sari Koeswoyo, dan Tamara Geraldine.

Seniman Nusantara menyelenggarakan lomba ini untuk mengembalikan rasa kecintaan terhadap Tanah Air dengan membumikan Pancasila lewat lirik dan nada. 

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, Lomba Berhadiah hingga Upacara Bendera di Festival 17-an Online KG Media

Tahun lalu, hampir 1.000 pencipta lagu berpartisipasi dalam lomba ini. Lima orang musisi keluar sebagai grand finalis yang tetap menjadi mitra berkesenian yang diberdayakan oleh Seniman Nusantara. 

“Sampai hari ini kami sudah merilis sedikitnya 3 lagu ciptaan pemenang tahun lalu dan sedianya minggu depan akan ada 1 lagu baru yang kami persembahkan khusus dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia tercinta yang ke-76,” ujar Harvey Malaihollo. 

LCLCI kembali hadir sebagai wujud komitmen Seniman Nusantara dalam mengupayakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika melalui seni. 

Ajang ini terselenggara berkat dukungan dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

Ronnie Sianturi, penyanyi solo yang sempat naik daun lewat Trio Libel’s di dekade 1980 menjelaskan, Seniman Nusantara memiliki alasan sendiri saat memilih menyelenggarakan lomba musik.

Selain telah memiliki banyak pengalaman di bidang musik, anggota Seniman Nusantara juga menyebut musik dapat mengubah dunia.

“Sebagai bagian dari seni, musik adalah salah satu kendaraan yang paling jujur dalam berekspresi. Jika ada yang harus diubah di dunia ini, itu bisa saja terjadi melalui musik!” tekan Ronnie.

Senada Pentolan Elfa’s Singers, Lita Zen mengatakan, Seniman Nusantara konsisten menyelenggarakan lomba ini karena mereka percaya lomba ini dapat memberikan pendidikan karakter tepat untuk menghasilkan rasa cinta terhadap budaya asli bangsa serta membangkitkan nasionalisme.

“Lomba Cipta Lagu Cinta Indonesia bukan hanya sekedar ajang lomba-lomba biasa. Ada misi pendidikan yang berusaha kami tanamkan melalui seni. Kami melakukan pembekalan secara gratis melalui sistem daring. Berbagi apa yang bisa diberi sesuai dengan porsi masing-masing. Ini adalah cara belajar yang mudah dan asyik!” kata Lita Zen. 

Mantan penyanyi solo juga trio Glamendys, Nindy Ellesse mengaku, ajang ini membuatnya ikut belajar dengan menjadi panitia penyelenggara. 

Ia yakin, Lomba Cipta Lagu CInta Indonesia ini dapat mengembangkan bakat dan meningkatkan nasionalisme para musisi Indonesia.

“Selain menjadi salah satu bentuk memaksimalkan potensi diri, mengikuti Lomba Cipta Lagu Cinta Indonesia adalah juga mengekspresikan kecintaan pada Tanah Air sekaligus juga menjaga musik Indonesia. That’s 3 in 1!” seru Nindy Ellesse.

LCLI 2 ini kali melibatkan para juri berkompeten yang memiliki visi sama soal menjunjung nasionalisme. Selain itu, para juri ini memiliki pandangan bahwa seni seharusnya jujur tidak tendensius dan pretensius. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x