Kompas TV nasional berita utama

Naskah Asli Teks Proklamasi yang Ditulis Soekarno Dihadirkan Dalam HUT ke-76 RI di Istana Merdeka

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 06:28 WIB
naskah-asli-teks-proklamasi-yang-ditulis-soekarno-dihadirkan-dalam-hut-ke-76-ri-di-istana-merdeka
Bung Karno dan teks proklamasi. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Naskah asli Teks Proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno dihadirkan dan ditayangkan dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Sebelumnya Senin, 16 Agustus 2021, Sekretariat Presiden mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk melakukan serah terima naskah asli Teks Proklamasi.

Demikian Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko, mengatakan di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan, dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (16/8/2021).

“Telah kami terima dari ANRI yang selanjutnya akan kami bawa ke Istana Merdeka   pada tanggal 17 Agustus 2021,” kata Sony Kartiko.

“Dokumen tersebut akan dihadirkan dan disandingkan dengan bendera pusaka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di mimbar kehormatan.”  

Baca Juga: Google Doodle: Selamat Hari Kemerdekaan dan Tetap Kuat Bersama, Indonesia!

Sony menuturkan kehadiran naskah asli Teks Proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno diharapkan dapat menambah kekhidmatan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya, dokumen sejarah tersebut akan segera dikembalikan kepada ANRI seusai Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mendapatkan perawatan terbaik.

“Segera setelah naskah teks tulisan Bung Karno tersebut kami gunakan, kami hadirkan dalam acara atau rangkaian peringatan di Istana Kepresidenan Jakarta, akan segera kami sampaikan kembali kepada ANRI dalam waktu yang segera,” ujar Sony.

Sementara itu, Direktur Preservasi ANRI, Kandar menyampaikan terima kasih kepada Sekretariat Presiden yang telah berkenan menerima arsip sejarah tersebut dihadirkan dalam upacara Hut ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Renungan Suci di TMP Kalibata, Presiden Jokowi Nyatakan Sumpah Berjuang seperti Pahlawan

“Atas nama Arsip Nasional mengucapkan terima kasih kepada Setpres, terutama kepada Bapak Kepala Biro Administrasi yang telah berkenan menerima penyerahan sementara arsip Teks Proklamasi tulisan tangan ini bisa dihadirkan di acara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-76 Republik Indonesia,” ujar.

Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun kedua arsip bersejarah ini dihadirkan di Istana Merdeka bersandingan dengan teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik dan bendera pusaka.

Hal ini merupakan salah satu upaya edukasi kepada masyarakat luas mengenai awal mula sejarah Indonesia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x