Kompas TV nasional sosok

Siniar BEGINU: Obrolan tentang Hidup dan Pergulatan Batin Para Tokoh Lewat Intimasi Audio

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 21:07 WIB
siniar-beginu-obrolan-tentang-hidup-dan-pergulatan-batin-para-tokoh-lewat-intimasi-audio
BEGINU musim ketiga bakal hadir dalam bentuk podcast. (Sumber: KG Media)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Program siniar (podcast) BEGINU di kanal YouTube Kompas.com mendapatkan sambutan yang baik setelah menayangkan dua musim.

BEGINU merupakan program baru dari KG Media bernama Medio yang berbasis audio digital dan diperuntukkan untuk penggemar konten-konten siniar atau podcast.

“Kami berharap, konten-konten siniar persembahan jaringan KG Media dapat menjumpai audiens segala usia dan profesi. Konten BEGINU ini menarik karena mengangkat wisdom yang tumbuh dalam bergulatan hidup narasumber terpilih dengan lika-likunya,” kata Audio Project Manager KG Media, Sulyana Andikko.

Baca Juga: Dukung Pemulihan Pasien Covid-19, KG Media Kembali Buka Sentra Donor Darah dan Plasma Konvalesen

BEGINU dibawakan oleh jurnalis, penulis cum Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho. Sejak mengudara pertama kali pada 28 Oktober 2020, BEGINU telah hadir dalam 30 episode.

“Program Beginu awalnya adalah obrolan dengan orang-orang terdekat dalam lingkaran saya karena saya pasti tumbuh dengan orang-orang tersebut karena value. Lalu, saya gali value-nya apa untuk kemudian saya bagikan ke orang lain yang mau mendengarkan,” ungkap Wisnu.

Menurut Wisnu, mengobrol dengan orang lain dapat menjadi refleksi dan internalisasi pengalam hidup. Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil melalui obrolan tersebut.

Dalam program yang memiliki tagline “bukan begini bukan begitu”, Wisnu Nugroho kerap membahas pergumulan hidup para tokoh yang menjadi narasumbernya, seperti kisah hidup musisi indie Jason Ranti, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, hingga tiga personil dari Voice of Baceprot, tiga hijabers yang bermain musik metal.

Baca Juga: KG Media Gelar Festival 17-an se-Indonesia, Ikuti Keseruannya dan Raih Hadiah Total Puluhan Juta

Obrolan yang dilakukannya dengan para narasumber ditujukan untuk mengulas seputar paradoks kehidupan, mengungkap apa yang nyata di balik fakta yang beredar, menggugat alasan di balik penghakiman, tentang ketidakpastian, serta pengalaman berkesadaran.

Wisnu juga mengatakan, setiap individu memiliki pergulatan batinnya masing-masing karena banyak orang yang menghakimi kehidupan satu sama lain.

“Hidup tak seindah di media sosial. Jatuh, patah, sakit, gagal adalah bentuk dari kerapuhan manusia yang jadi bagian erat dalam hidup dan membuatnya indah,” ujarnya.

Dari obroan tersebut, program BEGINU diharapkan bisa memberikan gambaran jelas tentang realitas hidup yang kerap tidak terduga.

Hingga kini, siniar BEGINU sudah menayangkan dua musim di kanal YouTube Kompas.com dan Kompas TV. Pada musim pertama, Wisnu Nugroho berdialog dengan orang-orang terdekatnya, seperti Soleh Solihun, Farid Stevy, Ignasius Jonan, Kill the DJ, Susi Pudjiastuti, Jusuf Kalla, Ridwan Kamil, Angga Sansongko, Showimah, Muklay dan Butet Kertaredjasa.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Saling Bantu Lawan Covid-19, KG Media Buka Sentra Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Adapun di musim kedua, Wisnu Nugroho mencoba bereksplorasi di lingkaran berikutnya. Untuk musim ketiga yang akan datang, Wisnu membeberkan bahwa dia akan mengobrol dengan teman-teman yang tumbuh dan membawa pengaruh di era peralihan milenia. Mereka yang mewarnai era 1990 akhir dan awal tahun 2000.

Banyaknya respons audiens yang hadir di program BEGINU, format siniar alias podcast akan dihadirkan untuk musim ketiga ini. Pengalaman menonton dan mendengarkan tentu memiliki perbedaan dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Audiensnya pun tentu akan berbeda. Sebagian orang lebih gemar mendengarkan sambil menonton, sementara sebagian lainnya lebih memilih mendengarkan sambil melakukan aktivitas lain. Oleh karena itu, peluncuran versi siniar program BEGINU diharapkan dapat memberikan pengalaman mendengarkan kisah dengan lebih intim dan nyata bagi para pendengarnya.

Siniar BEGINU kini dapat diakses melalui Spotify, Google Podcast, dan platform audio lainnya. Season kedua BEGINU akan tayang dengan episode terbaru setiap hari Rabu. Nantikan kanal siniar persembahan KG Media lainnya di pemutar siniar favorit Anda! Kunjungi https://bit.ly/beginupodcast untuk mendengarkan.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya baik-baik.” - Wisnu Nugroho




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x