Kompas TV nasional peristiwa

Empat Hari Jalan RE Martadinata Digenangi Banjir Rob, Wagub DKI Beberkan Alasannya

Kompas.tv - 7 November 2021, 15:17 WIB
empat-hari-jalan-re-martadinata-digenangi-banjir-rob-wagub-dki-beberkan-alasannya
Belasan kendaraan bermotor tampak mengambil jalur sebelah kanan untuk menghindari genangan air di Jalan RE Martadinata, Pademangan Jakarta Utara pada Sabtu (6/11/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/ IRA GITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jalan RE Martadinata di seberang Astron Mediterania, Pademangan, Jakarta Utara, sudah terendam banjir rob selama tiga hari sejak Kamis (4/11/2021). 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, banjir yang tidak kunjung surut ini disebabkan oleh adanya beberapa titik yang cukup rendah sehingga memerlukan waktu untuk memindahkan air melalui pompa menggunakan alat yang ada.

"Ada beberapa titik yang cukup rendah. Perlu waktu untuk memindahkan air melalui pompa menggunakan alat yang ada," kata Riza di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (7/11/2021).

Riza memastikan saat ini semua pompa sudah dikerahkan mengingat intensitas hujan di wilayah DKI Jakarta yang tinggi selama beberapa hari terakhir.

"Semua pompa kami kerahkan karena intensitas hujan yang tinggi," kata Riza. 

Baca Juga: Wagub DKI Minta Maaf Kenaikan UMP Jakarta Belum Sesuai Harapan

Terkait banjir rob yang menjadi isu tahunan di wilayah Jakarta Utara saat musim hujan, Riza mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah instansi lainnya terus melakukan penanganan dan pengendalian intensitas hujan yang dapat mengakibatkan banjir. 

"Kita berkolaborasi dan bekerja sama melakukan penanganan dan pengendalian intensitas hujan yang dapat mengakibatkan banjir," kata Riza. 

Menurutnya, di sejumlah titik, genangan air dapat surut dalam beberapa jam. Hal ini didukung oleh program pengendalian banjir yang sudah dilaksanakan seperti pembangunan waduk, situ, embung, pengerukan hingga normalisasi sungai. 

"Jakarta ini di bagian utara apa lagi di musim hujan ini ada potensi banjir rob, tapi alhamdulillah genangan air yang ada dalam beberapa jam bisa surut kembali," ujarnya.

Baca Juga: BNPB Sebut Banjir Bandang di Kota Batu Malang Gara-gara Ini

Riza menekankan bahwa banjir rob bukanlah masalah yang dapat diselesaikan dengan cepat. Pihaknya juga sudah melakukan pembuatan tanggul di sekitar pantai yang dilaksanakan bertahap. 

"Ya tentu soal banjir rob ini perlu waktu yang cukup ya tidak bisa diselesaikan dalam 1,2,3,4,5 tahun. Kita perlu punya program yang sudah dilaksanakan sejauh ini di antaranya adalah pembuatan tanggul di sekitar pantai itu sudah dilaksanakan bertahap dan emang memerlukan waktu," kata Riza. 

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Sabtu (6/11/2021) pukul 10.20 WIB, belasan kendaraan bermotor tampak mengambil jalur sebelah kanan untuk menghindari genangan air, yang tingginya sekitar 50 cm.

"Banjir di kawasan jalan RE Martadinata Pademangan ini penyebabnya air lintas dari kali naik jadi menyebabkan genangan di jalanan," kata Muhamad Muklis, Kordinator Lapangan SDA Kecamatan Pademangan Jakarta Utara saat ditemui di lokasi.

"Terjadinya sudah sejak tiga hari yang lalu. Memang air laut juga sedang pasang," lanjutnya.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Kabupaten Bandung, Sejumlah Rumah Rusak Parah


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x