Kompas TV nasional politik

Lantik 122 Perwira Tenaga Kesehatan, Pangima TNI: Prajurit TNI Harus Siap Dituntut Laksanakan Tugas

Kompas.tv - 12 November 2021, 16:59 WIB
lantik-122-perwira-tenaga-kesehatan-pangima-tni-prajurit-tni-harus-siap-dituntut-laksanakan-tugas
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantik 122 Perwira Prajurit Karier (PPK) khusus tenaga kesehatan. (Sumber: Puspen Mabes TNI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melantik 122 Perwira Prajurit Karier (PPK) khusus tenaga kesehatan.

Hadi menekankan, prajurit TNI harus siap dituntut untuk melaksanakan tugas. Terlebih, para tenaga kesehatan merupakan jantung dari sistem kesehatan nasional.

Saat menempuh pendidikan, para PPK ini juga telah merasakan dan dituntut untuk menyesuaikan diri dengan situasi di masa pandemi Covid-19. Sehingga saat penugasan, para perwira sudah siap beradaptasi dengan kondisi saat ini.

Baca Juga: Ahli Waris Prajurit KRI Nanggala Dapat Rumah, Diserahkan Langsung oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Menurut Hadi, program pendidikan selanjutnya harus dapat dikombinasikan dengan pengabdian langsung di tengah masyarakat bila diperlukan.

Lebih lanjut Hadi menyatakan, para PPK yang dilantik harus bangga karena mendapat kehormatan untuk merasakan penugasan di masyarakat secara langsung saat di masa pendidikan. 

Hadi menilai, dari kesempatan tersebut, para PPK dapat melihat dan memahami bahwa kehadiran prajurit TNI sangat diperlukan untuk membantu masyarakat mengatasi kesulitannya. 

Oleh karena itu, seorang perwira akan kembali dituntut untuk segera siap melaksanakan tugas di tengah masyarakat.

Baca Juga: Jelang Pensiun, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Pamitan Kepada Perwira TNI AL Wilayah Surabaya

"Di situlah letak perwujudan dari kode etik Perwira, Budhi Bhakti Wira Utama, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan moral dalam menapaki kehidupan keprajuritan," ujar Marsekal Hadi dalam pidato pelantikan PPK di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/11/2021).

Adapun 122 perwira khusus tenaga kesehatan 2021 ini terdiri dari 62 Perwira TNI AD dengan rincian 43 Pria dan 19 wanita, 40 Perwira TNI AL dengan rincian 34 Pria dan 6 Wanita serta 20 Perwira TNI AU dengan rincian 18 Pria dan 2 Wanita.

Perwira yang meraih predikat berprestasi di setiap Matra yaitu Letda CKM dr. Lambang Ksatria Bregas (TNI AD) mendapat penghargaan Trisura Jalu Wiratama, Letda Laut (K) dr. Wiliam Sugiharto (TNI AL) mendapat Penghargaan Trisura Jalu Wiratama.

Baca Juga: Hari Pahlawan 2021, Jokowi Ikut Berikan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Bagi 300 Tenaga Kesehatan

Kemudian Letda Kes dr. Nadief Akbar Azzami (TNI AU) mendapat Penghargaan Trisura Jalu Wiratama. Sedangkan dari Wanita, Letda CKM (K) dr. Made A Sinta Mahastuti mendapat Penghargaan Trisura Wanodya Wiratama.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x