Kompas TV nasional kesehatan

Kondisi Cuaca Dapat Turunkan Imun, Lakukan ini Agar Tak Mudah Sakit

Kompas.tv - 16 November 2021, 05:48 WIB
kondisi-cuaca-dapat-turunkan-imun-lakukan-ini-agar-tak-mudah-sakit
Ilustrasi musim human bisa pengaruhi penurunan system imun. Oleh karena itu penting untuk menjaga ketahanan tubuh.  (Sumber: scroll.in)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sistem imun bisa menurun karena kondisi cuaca. Tak sedikit orang menjadi lebih mudah sakit pada saat datangnya musim hujan, apalagi jika mempunyai alergi.

Hal itu dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM, sebagai spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Oleh karena itu, memasuki musim hujan, orang harus lebih memperhatikan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit.

"Dalam menjaga daya tahan tubuh, konsumsi makanan harus benar-benar diperhatikan. Terutama bagi para pekerja yang sudah bekerja di kantor atau Work From Office (WFO) dan anak-anak yang sudah menjalani kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi, pastikan agar tidak jajan sembarangan di tempat umum," kata Iris, Senin (15/11/2021), dilansir dari Antara.

Mengonsumsi jahe saat musim hujan apalagi di tengah pandemi, menurutnya, sangat baik untuk tubuh. Selain itu, yang tak kalah penting adalah vitamin A, B, C, D, dan E lantaran memiliki khasiat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Banyak Nyamuk di Rumah saat Musim Hujan? Ini 5 Faktor yang Jadi Pemicunya

"Jahe boleh karena hangat, ya. Di dunia kedokteran juga sangat bagus. Di samping itu, vitamin A, B, C, D, dan E, itu harus kita konsumsi," katanya.

Asupan bervitamin

Ada banyak yang makanan yang menjadi sumber vitamin C di antaranya, pepaya, stroberi, mangga, jeruk, dan kiwi.

Kemudian, vitamin A bisa didapatkan dari sumber hewani seperti hati sapi, keju, mentega, dan sumber nabati seperti wortel, paprika merah, ubi jalar, dan bayam.

 Adapun vitamin B bisa didapatkan dari telur, ikan, sayuran, dan daging, sedangkan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

"Tapi kalau musim hujan kan enggak bisa berjemur. Jadi, sebaiknya kita konsumsi vitamin D dari luar, misalnya ikan tuna," tutur Iris.

Sedangkan, vitamin E yang berperan sebagai antioksidan bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

Iris juga menyarankan, selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, yang tak boleh dikesampingkan adalah untuk tidur cukup delapan jam sehari, mengelola stres, dan aktif bergerak dengan olahraga secara teratur.

Saat musim hujan, olahraga tetap bisa dilakukan di rumah. 

"Misalnya senam sendirian. Kemudian minum air putih dua liter sehari, kalau mandi ya mandi air hangat, makan dan minum yang hangat," ujarnya.

Baca Juga: Jangan Lengah, Pentingnya Menjaga Sistem Imun untuk Lindungi Diri dari Corona

 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x