Kompas TV nasional politik

Anies Kampanye, Ajak Warga Bikin Jakarta Jadi Kota Ramah 4 Kelompok Rentan

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 00:05 WIB
anies-kampanye-ajak-warga-bikin-jakarta-jadi-kota-ramah-4-kelompok-rentan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga DKI untuk melindungi empat kelompok rentan. Yakni lansia, penyandang disabilitas, perempuan, dan anak. (Sumber: Humas Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemprov DKI Jakarta berkomitmen memerangi segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dalam mendukung hal tersebut Pemprov mengadakan kampanye 16 hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak yang dimulai sejak 25 November 2021 hingga 10 Desember 2021 lalu. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan meski kampanye kekerasan terhadap perempuan dan anak telah selesai, namun komitmen Pemprov memerangi hal ini terus berjalan.

Baca Juga: Survei Capres-Cawapres 2024: Ganjar-Erick, Prabowo-Puan, atau Anies-Sandi [ Opini Budiman ]

Anies menyatakan Pemprov DKI tetap menggalakkan agar DKI Jakara menjadi kota yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

"Kampanye sebenarnya berjalan sepanjang tahun, kapanpun sampai betul-betul kita tuntas, aman dari kekerasan terhadap perempuan dan anak," ujar Anies dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/12/2021).

Anies menegaskan perlindungan terhadap perempuan dan anak menjadi penting. Untuk itu jugalah sejak awal Pemprov DKI Jakarta telah memasukkan perlindungan terhadap perempuan dan anak dalam klasifikasi kegiatan strategis daerah serta masuk dalam kegiatan strategis setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah di Jakarta.

Hal ini, sambung Anis, untuk menjadikan Jakarta yang mampu melindungi empat kelompok rentan. Yakni lansia, penyandang disabilitas, perempuan, dan anak. 

Baca Juga: Anies Minta Jajarannya Evaluasi Kontraktor Sumur Resapan yang Bikin Jalan Rusak

Jika keempat kelompok rentan tersebut dapat terlindungi dengan baik, maka perlindungan untuk seluruh warga Jakarta juga akan berjalan baik.

"Kami ingin Jakarta menjadi kota yang layak anak dan ramah perempuan. Kita perlu ikhtiarkan dan intervensi sehingga jangan sampai ada kejadian," ujar Anies.

"Kami percaya bila empat kelompok rentan ini kita lindungi dengan baik maka sisanya insyaallah aman. Kita harus keluarkan effort yang serius untuk melindungi empat kelompok ini," imbuhnya.

Baca Juga: Penasehat WHO Ingatkan Indonesia Prioritaskan Vaksin untuk Kelompok Rentan

Dalam kegiatan puncak kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban terkait perlindungan kepada korban dan saksi kasus kekerasan.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x