Kompas TV nasional berita utama

Waspada! Kemenkes Catat Peningkatan Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir, DKI dan Kepri Masuk Daftar

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 09:22 WIB
waspada-kemenkes-catat-peningkatan-kasus-covid-19-sepekan-terakhir-dki-dan-kepri-masuk-daftar
Ilustrasi temuan kasus Covid-19 varian Omicron. (Sumber: iStockphoto/Thomas Faull)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan mengungkapkan kasus Covid-19 di sejumlah provinsi mengalami peningkatan signifikan pada pekan ini, antara lain DKI Jakarta dan Kepulauan Riau.

Keterangan itu disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

“Setidaknya ada beberapa provinsi yang terjadi peningkatan kasus Covid-19 yaitu Kepulauan Riau dan DKI Jakarta, tentunya sebagai pintu masuk negara terdapat peningkatan kasus yang cukup signifikan pada minggu ini,” kata Nadia.

Selain DKI Jakarta dan Kepri, Nadia mengatakan provinsi yang juga terjadi peningkatan dalam kasus Covid-19 adalah Kalimantan Utara, Maluku, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Banten, dan Riau.

Berdasarkan catatan tersebut, Nadia meminta semua daerah mewaspadai perkembangan kasus harian Covid-19, apalagi sudah terdeteksi adanya transmisi lokal dari varian Omicron.

Baca Juga: WHO: Kasus Covid-19 Sedunia Naik 11 Persen, Risiko Omicron Masih Tinggi

“Pemerintah tentunya akan terus selalu memantau dan mengontrol pintu-pintu masuk negara untuk memperlambat bertambahnya kasus Omicron dan varian-varian lainnya yang berasal dari negara lain,” ujar dia.

Saat ini, lanjutnya, Pemerintah memperketat jalur masuk dari negara lain untuk menekan laju penyebaran varian Omicron. Antara lain di 5 tempat pemeriksaan Imigrasi bandara, sembilan tempat pemeriksaan imigrasi pelabuhan laut, dan delapan pintu masuk darat di Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Sebab, dalam periode 1 Januari 2021-27 Desember 2021 tercatat sebanyak 10.243 kasus positif Covid-19 ditemukan di Bandara Soekarno-Hatta dan 3.209 kasus positif dari pelabuhan Batam.

Oleh karena itu, kata Nadia, Kemenkes meminta kerja sama dan dukungan masyarakat dalam upaya pengendalian Covid-19 seperti, pelacakan kontak erat (tracing), pemeriksaan (testing), dan karantina maupun isolasi.

Baca Juga: Sebut Kasus Omicron Cukup Tinggi, Wagub DKI ke Warga: Hindari Kerumunan saat Malam Tahun Baru

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 pada Rabu (29/12/2021), ada 194 penambahan kasus baru positif Covid-19.

Dengan demikan, total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 4.262.351, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x