Kompas TV nasional peristiwa

Di Balik Panorama Indah Pantai Payangan, Ombak Ganasnya Kerap Menelan Korban Jiwa

Kompas.tv - 13 Februari 2022, 12:23 WIB
di-balik-panorama-indah-pantai-payangan-ombak-ganasnya-kerap-menelan-korban-jiwa
Pantai Payangan, Jember Jawa Timur, objek wisata pantai laut selatan. Sebuah kecelakaan laut terjadi Minggu (13/2/2022) saat setidaknya 10 warga yang tengah ritual tewas usai terseret ombak pantai tersebut. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JEMBER, KOMPAS.TV - Insiden terseretnya 24 orang akibat ombak ganas di Pantai Payangan menggegerkan warga Jember dan sekitarnya, Minggu (13/2/2022).

Dilaporkan langsung jurnalis Kompas TV Jember, Imron Fahim, 24 orang itu merupakan rombongan Jamaah Tunggal Jati Nusantara.

Rombongan tersebut tiba di Pantai Payangan, Kecamatan Ambulu pada Sabtu (12/2) malam sekitar pukul 23.00 WIB untuk melakukan ritual.

Di tengah proses ritual, ombak ganas menghantam hingga menyeret rombongan tersebut. Hingga kini, 10 orang dinyatakan tewas.

Baca Juga: Korban Hilang Terseret Ombak di Pantai Payangan Jember sempat Terlihat tapi Hilang Kembali

Pantai Payangan

Adpaaun Pantai Payangan merupakan salah satu objek wisata pantai laut selatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pantai Payangan terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu. 

Jarak pantai ini dari Kota Jember adalah sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam perjalanan.

Selain Pantai Payangan, di Kecamatan Ambulu, ada juga pantai yang terkenal lainnya yaitu Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. 

Baca Juga: Kronologi Ritual Berujung Maut di Pantai Payangan, Penjaga Lokasi Sempat Memberi Peringatan

Pesona Pantai Payangan

Pantai Payangan memiliki tiga bagian yang seringkali dikunjungi wisatawan baik dalam kota maupun luar kota. Tiga bagian itu meliputi kawasan pantai nelayan yang menghadap ke arah barat daya.

Bagian lainnya adalah area pantai dengan batu karang yang dipisahkan oleh sebuah bukit. Selanjutnya adalah bagian sisi utara pantai yang juga dipenuhi batu karang. Pantai Payangan memanjang ke arah utara kemudian berbelok ke arah barat.

Jika menyusuri rute tersebut, nantinya wisatawan bisa langsung menjumpai Pantai Watu Ulo. Meski memiliki pasir hitam, namun pesona Pantai Payangan tidak kalah dengan pantai berpasir putih.




Sumber : Kompas.com, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x