Kompas TV nasional kesehatan

Air Kelapa Dapat Menjadi Alternatif Untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 12:07 WIB
air-kelapa-dapat-menjadi-alternatif-untuk-menjaga-imunitas-tubuh
Air Kelapa memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Here Asia)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejak menghadapi pandemi di tahun 2020, menjalankan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang virus sudah menjadi bagian dari keseharian kita. 

Menjalankan protokol kesehatan dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Sedangkan menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan menjaga asupan nutrisi. 

Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., pakar nutrisi dan juga Ketua dari Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) menyebutkan, dengan menjaga sistem imun tubuh yang baik akan membantu kesehatan, khususnya dalam memerangi virus yang menginfeksi tubuh.

Baca Juga: Unik ! Komunitas Seniman Gelar Pasar Seni, Transaksi Pakai Keping Batok Kelapa

"Pada proses pertahanan tubuh dari infeksi bakteri dan virus, sistem imunitas akan bekerja sama untuk mengenalinya dan memberikan respon segera. Sistem imunitas yang kuat akan memberikan respon yang baik yaitu dengan melakukan perlawanan terhadap infeksi bakteri dan virus hingga bakteri dan virus tersebut mati. Oleh karena itu, kita harus selalu membangun sistem imunitas yang kuat,” kata Dr. Rita Ramayulis seperti dikutip Antara, Senin (14/2/2022).

Nutrisi yang baik bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi mineral, protein, dan vitamin. Selain itu, asupan cairan yang maksimal juga dapat membantu menjaga keseimbangan sistem di tubuh kita.

Salah satu cairan yang dapat membantu menjaga kesehatan kita adalah air kelapa. Selain memiliki manfaat menghidrasi, kelapa juga mengandung mineral sehingga dapat menjaga keseimbangan tubuh. Keunggulan lain dari kelapa adalah karena buah ini sangat mudah ditemui di Indonesia, dengan harga yang relatif terjangkau.

Baca Juga: Degan Kelapa Jelly, Carqa Baru Nikmati Kesegaran Kelapa Muda

"Cairan tubuh memiliki peran penting dalam memelihara membran sel yang bertugas melindungi semua organ tubuh, sebagai komponen utama dari sel-sel darah putih dan membantu penyerapan zat gizi serta mendistribusikannya ke seluruh sel yang membutuhkan. Sedangkan mineral mempunyai peran menjaga keseimbangan reaksi kimia di dalam tubuh. Oleh karena itu, kita harus memasukkan cairan lebih banyak saat terinfeksi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa yang juga mengandung mineral. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dan bersama dengan konsumsi makanan yang seimbang akan akan lebih cepat pulih,” kata Rita.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x