Kompas TV nasional berita utama

Ditlantas Polda Metro Jaya: Tidak Ada Penutupan Jalan Selama Kegiatan G20 di Jakarta

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 13:44 WIB
ditlantas-polda-metro-jaya-tidak-ada-penutupan-jalan-selama-kegiatan-g20-di-jakarta
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan keterangan pers terkait tabrak lari dan lawan arus mobil Fortuner dengan pelat dinas Polri pada Minggu, 22 Agustus 2021. (Sumber: Youtube Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memastikan tidak ada penutupan jalan selama kegiatan pertemuan G20 Finance Meeting 2022 di Jakarta pada 15-18 Februari 2022.

Demikian Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya di Jakarta sebagaimana dikutip Antara, Senin (14/2/2022).

“Kami tidak melakukan penutupan jalur mengingat akomodasi dan lokasi acara berdekatan,” ujar Sambodo.

Menurutnya, arus lalu lintas hanya ditutup sementara ketika kontingen delegasi melintas setelah itu jalan akan dibuka kembali.

“Jadi Jalan Asia Afrika, Jalan Pemuda, kemudian seputaran GBK itu masih bisa dilalui masyarakat,” ujarnya menjelaskan.

Baca Juga: Sebanyak 547 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Pengamanan G20

“Hanya dilakukan penutupan pada saat kontingen delegasi melintas dan pada saat-saat tertentu menurut kepentingan tugas,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Sambodo menuturkan Ditlantas Polda Metro Jaya juga tidak akan menutup jalan tol.

Sebab dalam penanganan tamu kegiatan G20, petugas hanya akan melakukan pengawalan untuk pemberian prioritas jalan bagi rombongan delegasi.

“Termasuk rute pengamanan sepanjang jalan sepanjang tol itu juga tidak dilakukan penutupan hanya dilakukan prioritas saat delegasi melintas,” ucapnya.

Selain itu, Sambodo menambahkan, polisi lalu lintas akan disiapkan untuk pengawalan rombongan delegasi G20 dari bandara menuju akomodasi di Hotel Fairmont dan Hotel Mulia.

Sebagai informasi, pertemuan 2nd FCBD (Finance and Central Bank Deputy) dan 1st FMCBG (Finance Minister Central Bank Governor) akan berlangsung di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 15-18 Januari 2022.

Baca Juga: Jokowi akan Perjuangkan Isu Kesetaraan bagi Penyandang Disabilitas pada Presidensi G20

Sebanyak 547 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemprov DKI Jakarta telah disiapkan untuk pengamanan dua pertemuan tersebut.

Presidensi G20 Indonesia dimulai pada 1 Desember 2021 sampai dengan serah terima presidensi berikutnya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada akhir 2022 di Bali.

Adapun 20 negara yang tergabung dalam G20 yakni Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, China, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x