Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, KRI Cakra-401 Diserahkan ke Kemenhan Usai Diperbaiki PT PAL Indonesia

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 15:16 WIB
hari-ini-kri-cakra-401-diserahkan-ke-kemenhan-usai-diperbaiki-pt-pal-indonesia
KRI Cakra-401 yang telah selesai diperbaiki total dan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan (Sumber: PT PAL Indonesia)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SURABAYA, KOMPAS.TV – KRI Cakra-401 telah diserahkan kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) oleh PT PAL Indonesia (Persero) hari ini, Senin (21/2/2022).

Menurut CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod, penyerahan itu menjadi bukti bahwa pihaknya telah merampungkan proses perbaikan total atau overhaul terhadap KRI Cakra-401.

“Dengan keberhasilan overhaul ini PAL setidaknya sudah menguasai 65 persen proses pembangunan kapal selam baru, baik dari desain maupun penguasaan teknologinya,” kata Kaharuddin dalam sambutannya pada acara Serah Terima Operasional Overhaul KRI Cakra-401.

Penyerahan sendiri dilakukan di Surabaya dan langsung diserahkan oleh Kaharuddin kepada Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan Laksda TNI Bambang Irwanto.

Baca Juga: Mengenal KRI Cakra-401 Saudara Kembar dari KRI Nanggala-402

Pada kesempatan yang sama, Bambang menyatakan apresiasinya kepada PT PAL Indonesia dalam melakukan perbaikan total pada KRI Cakra-401.

Menurutnya, kerja sama seperti ini harus terus dilakukan guna memenuhi kebutuhan pertahanan di Tanah Air.

"Dalam mewujudkan industri dalam negeri yang unggul, maka kita harus bersinergi dan bermintra dalam memenuhi kemajuan alutsista Indonesia,” ucap Bambang.

Melansir Kompas.id, KRI Cakra-401 merupakan kapal selam yang telah dioperasikan sejak 40 tahun lalu.

KRI Cakra-401 merupakan buatan Howaldtwerke-Deutsche Werft (HDW) di Kiel, Jerman.

KRI Cakra-401 sendiri merupakan 'saudara kembar' dari KRI Nanggala-401 yang tenggelam di Perairan Utara Bali, Bali, pada April 2021.

Bergabungnya KRI Cakra-401 dalam jajaran alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AL saat itu untuk menggantikan KRI Tjakra yang didatangkan pada 12 September 1959 dari Uni Soviet (Rusia).

KRI Cakra-401 tercatat pernah menunjukkan kemampuan serangnya saat menghancurkan KRI Karang Galang dalam latihan gabungan TNI di perairan Indonesia Timur pada 2008 silam.

KRI Cakra-401 terbagi menjadi beberapa ruang, antara lain, ruang mesin, ruang baterai, pusat informasi dan tempur, ruang istirahat, serta ruang torpedo berisi 8 tabung torpedo dan 6 torpedo cadangan. KRI Cakra-401 memiliki panjang sekitar 60 meter dan lebar 6 meter.

Baca Juga: PT PAL Indonesia Buka 33 Posisi Lowongan Pekerjaan, Ini Daftarnya




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x