Kompas TV nasional berita utama

Pengamat soal Jokowi Pilih Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Pimpin IKN: Tidak Ada Beban Politik

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 10:28 WIB
pengamat-soal-jokowi-pilih-bambang-susantono-dhony-rahajoe-pimpin-ikn-tidak-ada-beban-politik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno merespons baik terpilihnya kalangan profesional untuk jabatan Kepala dan Wakil Badan Otorita Ibu Kota Negara Nusantara.

Dengan begitu Presiden Jokowi tidak punya beban politik dalam hal pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Berdasarkan informasi Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, yang akan dilantik untuk posisi Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh Bambang Susantono, dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

“Tentu saja ini akan semakin memudahkan ya kalau memang itu adalah unsur profesional, tentu dia tidak punya beban politik yang kemudian harus dinegosiasikan dengan berbagai kalangan,” ucap Adi dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga: Bambang Susantono-Dhony Rahajoe, Pimpinan Otorita IKN Pilihan Jokowi

“Kalau mau jujur kalangan profesional ini cukup tutup mata, dia hanya tunduk terhadap semua perintah Presiden, tidak ada gimmick, tidak ada kemudian intensi tidak ada interest yang kemudian itu bisa mengganggu fokus,” ujarnya.

Adi menyarankan Kepala Badan Otorita terpilih bisa bekerja cepat untuk menunjukkan kepada para penggugat UU IKN, bahwa IKN adalah harapan pembangunan ekonomi yang jauh lebih merata.

“Publik berharap ketimbang IKN ini terus menjadi wacana yang kemudian tidak berkesudahan ada kemudian yang menggugat juga MK, maka kepala Otorita IKN yang baru nanti ini adalah saatnya untuk kerja cepat,” ujar Adi.

Baca Juga: Akan Lantik Bambang Susantono, Pengamat: Jokowi Tunjukkan Badan Otorita IKN Bersih Cawe-cawe Politik

“Membuktikan bahwa IKN itu adalah harapan baru, mercusuar Indonesia di mana bisa mendistribusikan harapan pembangunan ekonomi yang jauh lebih merata yang tentu tidak Jawa Sentris dan tidak Jakarta Sentris,” ucap dia.

Menurut Adi, jika pembangunan IKN menjadi kerja nyata pemerintah maka perlahan komentar-komentar negatif akan hilang ditelan bumi.

“Kalau sudah ada kerja nyata, sesuatu sudah bisa diraba, bahwa IKN bisa menjelaskan banyak hal tentang pemerataan, saya kira soal hiruk pikuk segala komentar-komentar negatif secara perlahan akan hilang ditelan bumi,” katanya.

Presiden Jokowi melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) serta Wakil Kepala Otorita IKN pada Kamis sore, 10 Maret 2022. Selain itu, turut juga dilantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2022-2023.

Baca Juga: Sore Nanti, Jokowi Lantik Kepala dan Wakil Badan Otorita IKN Nusantara Masa Jabatan Tahun 2022-2027

“Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Heru juga menyampaikan bahwa acara pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden.

“Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan,” ucap Heru.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x