Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Cuaca Ekstrem, 17 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 09:06 WIB
waspada-cuaca-ekstrem-17-wilayah-ini-berpotensi-hujan-lebat-disertai-petir-dan-angin-kencang
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca ekstrem, Selasa (29/3/2022). Sejumlah wilayah diprakirakan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat, petir, dan angin kencang.

Hal ini dikarenakan terdapat sirkulasi siklonik yang terdeteksi di Samudera Hindia barat daya Banten, di Laut Arafuru selatan Papua, dan di Laut Natuna.

Sirkulasi tersebut membentuk daerah konvergensi atau pertemuan/perlambatan angin yang memanjang dari Kalimantan Barat bagian selatan hingga Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan di Samudera Hindia barat Bengkulu.

Konvergensi juga terpantau memanjang di daerah Aceh, Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Akibat Bencana Hidrometeorologi, Sleman dan Kulon Progo Diguyur Hujan Deras Berangin Seharian

Dengan adanya konvergensi, kondisi tersebut diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan awan di sekitar wilayah sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi itu.

BMKG mengimbau agar seluruh masyarakat waspada terkait potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi di daerah yang mengalami hujan lebat disertai angin kencang ini.

Ini daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, Selasa (29/3/2022)

- Lampung

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Yogyakarta

- Jawa Timur



Sumber : BMKG



BERITA LAINNYA



Close Ads x