Kompas TV nasional peristiwa

Pelonggaran PPKM Tambah Kemacetan di Jakarta, Pemprov DKI Janji Optimalkan Transportasi Publik

Kompas.tv - 6 April 2022, 13:57 WIB
pelonggaran-ppkm-tambah-kemacetan-di-jakarta-pemprov-dki-janji-optimalkan-transportasi-publik
Ilustrasi kemacetan di tol saat libur panjang. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas di wilayah Jakarta seiring dengan sejumlah kelonggaran yang diterapkan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. 

Kelonggaran tersebut seperti transportasi publik yang diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 100 persen dan juga perkantoran yang mulai work from office atau WFO dengan kapasitas penuh.

"Atas dasar itu, tentu interaksi mobilitas masyarakat semakin tinggi, tentu ini dapat menyebabkan kemacetan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/4/22). 

Baca Juga: Puncak Sering Macet Parah, Sandiaga Uno Usul Ada Kereta Gantung

Pemprov DKI, kata Riza, akan melakukan sejumlah langkah penanganan, salah satunya dengan mengoptimalkan penggunaan transportasi publik. 

Dia berjanji, pihaknya akan terus melakukan perbaikan-perbaikan terkait angkutan umum di Jakarta. 

"Seperti Transjakarta, kami tingkatkan pelayananannya, kami juga mempersiapkan integrasi transportasi, kami lakukan. Kemudian integrasi ticketing, termasuk kami ingin memastikan keamanan transportasi publik sebaik mungkin," kata Riza. 

Namun demikian, kata Riza, yang paling penting ialah dukungan masyarakat yang memanfaatkan transportasi publik di DKI Jakarta. 

"Semaksimal mungkin kami gunakan, kami manfaatkan transportasi publik agar DKI Jakarta bisa lebih baik lagi, termasuk juga peningkatan jalur sepeda kami tingkatkan," kata dia. 

Baca Juga: Hujan Deras! Sejumlah Wilayah di Jakarta Kembali Direndam Banjir

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x