Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Berterima Kasih kepada Umat Hindu Turut Bantu Tangani Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 11 April 2022, 02:35 WIB
jokowi-berterima-kasih-kepada-umat-hindu-turut-bantu-tangani-pandemi-covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa terima kasihnya kepada umat Hindu di Indonesia yang turut bekerja keras dan berkontribusi dalam membantu penanganan pandemi Covid-19. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa terima kasihnya kepada umat Hindu di Indonesia yang turut bekerja keras dan berkontribusi dalam membantu penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Negara ini, saat memberikan sambutan secara daring dalam kegiatan Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1944 secara virtual,  Minggu (10/4/2022). 

"Saya menyampaikan terima kasih kepada umat Hindu yang telah berusaha, berikhtiar, bekerja keras membantu penanganan pandemi Covid-19, baik menghadapi dampak kesehatan maupun dampak ekonomi," kata Jokowi sebagaimana yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Surakarta ini mengatakan, hal tersebut membuat kasus aktif nasional saat ini terus menurun.

Dia kemudian berharap Indonesia secepatnya dapat melakukan transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Lebih lanjut, Presiden berharap situasi yang membaik ini harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan serta mempercepat capaian vaksinasi lengkap.

"Agar kita dapat melanjutkan agenda-agenda penting bangsa yang sempat tertunda karena pandemi," tegasnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Peserta Pemilu 2024 Jangan Terlibat SARA dan Isu Politik Identitas

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1944 kepada umat Hindu di seluruh Indonesia.

"Atas nama pemerintah dan pribadi saya menyampaikan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Saka 1944, kepada umat Hindu di seluruh pelosok Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, perayaan Hari Suci Nyepi sebagai momen istimewa bagi umat Hindu untuk memperkuat Srada Bhakti, keimanan, dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dia juga berharap momen ini dapat kembali menjadi pengingat untuk menyelaraskan keseimbangan antara alam dan lingkungan.

"Kesempatan untuk mengasah jiwa kemanusiaan kita, membangun solidaritas, dan keharmonisan dengan sesama, Peluang melakukan introspeksi diri, memperbaiki yang kurang, dan memperkuat yang lemah," ujarnya.

Kepala Negara menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam.

Untuk itu, Presiden mengajak seluruh umat Hindu untuk meningkatkan kesadaran dan melakukan aksi nyata dalam menjaga lingkungan.

“Sebagai wujud rasa syukur dan bakti kita pada Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya,” imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi: Saya Kira Sudah Jelas, Pemilu Akan Dilaksanakan 14 Februari 2024




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x