Kompas TV nasional peristiwa

UGM Tindak Lanjuti Dugaan Ujaran Kebencian Dosen terhadap Ade Armando

Kompas.tv - 17 April 2022, 12:07 WIB
ugm-tindak-lanjuti-dugaan-ujaran-kebencian-dosen-terhadap-ade-armando
Foto ilustrasi: Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Pihak UGM menindaklanjuti dugaan ujaran kebencian yang dilakukan salah satu dosen mereka terhadap pegiat media sosial (medsos) Ade Armando (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada (UGM) merespons kasus yang menimpa salah satu dosennya berkaitan dengan peristiwa penganiayaan Ade Armando.

Viral di media sosial tentang dugaan ujaran kebencian Karna Wijaya, dosen jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UGM kepada Ade Armando.

Unggahan yang disinyalir bernada kebencian itu muncul di laman Facebook milik Karna Wijaya. Beberapa unggahan yang viral antara lain, sebagai berikut:

Baca Juga: Ujaran Kebencian Dosen UGM pada Ade Armando, Roy Suryo: Kalau Ada Bukti, Pelaku Bisa Diproses Hukum

1. Yang nemu celananya jangan lupa dikembalikan ya, mau dipakai ngajar

2. Lho tadinya tampil seperti macan garang kok mendadak seperti meong

Akun Facebook milik Karna Wijaya juga mengomentari unggahan seseorang yang menulis kekesalannya (diduga mengarah ke Ade Armando). Komentar yang ditulis Karna Wijaya adalah, 'disembelih'.

Menurut Kabag Humas dan Protokol UGM Dina W Kariodimedjo, Dewan Kehormatan Universitas akan menindaklanjuti dugaan pelanggaran etika.

Baca Juga: Diduga Sebarkan Ujaran Kebencian terhadap Ade Armando, Unggahan Facebook Dosen UGM Viral!

“UGM juga senantiasa mengingatkan kepada seluruh warganya untuk berperilaku sesuai dengan jati diri UGM dan menjunjung tinggi etika, termasuk dalam penggunaan media sosial,” ujarnya, Minggu (17/4/2022).

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, adapun pihak UGM akan memanggil dan memeriksa dosen tersebut yang diduga menyebarkan ujaran kebencian soal pengeroyokan Dosen UI, Ade Armando.

Pihak UGM akan memanggil dan memeriksa dosen yang diduga menyebarkan ujaran kebencian pada Senin (18/4) besok.

Meski sudah dihapus dari akun Facebook-nya, unggahan ini sudah menyebar luas di media sosial dan menjadi perhatian warganet.

Banyak warganet mengecam isi unggahan ini karena dinilai mengandung ujaran kebencian.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x