Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar Rayakan Idulfitri 1443 Hijriah

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 05:19 WIB
hari-ini-tarekat-naqsabandiyah-di-sumbar-rayakan-idulfitri-1443-hijriah
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah bersalaman usai melaksanakan salat Id, di Surau Baru Pauh, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (23/5/2020). Pada hari ini, Minggu (1/5/2022), Jemaah Tareket Naqsabandiyah merayakan Idulfitri 1443 Hijiriah. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Tarekat Naqsabandiyah di Surau Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) rayakan Idulfitri 1443 Hijriah hari ini, Minggu 1 Mei 2022.

Menurut Juru Bicara Jemaah Naqsabandiyah Surau Baru Alfitman, pihaknya melakukan ibadah puasa selama 30 hari. Adapun pelaksanaannya dilakukan tepat sehari sebelum jadwal yang ditetapkan pemerintah, yakni 1 April 2022.

Sementara 1 Syawal, lanjutnya ditentukan berdasarkan metode hisab munjid yaitu penghitungan 30 hari sejak awal puasa dan lebih awal satu hari dari waktu yang ditetapkan pemerintah.

"Sesuai dengan perhitungan tanggal atau hisab Munjid yang diterapkan, jemaah tarekat Naqaabandiyah provinsi Sumatera Barat menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari Minggu 1 Mei 2022," kata Alfitman seperti dilaporkan Jurnalis Kompas TV Rio Johanes, Sabtu (30/4).

Baca Juga: Hari Raya Idulfitri 2022 Jatuh pada 1 atau 2 Mei? Ini Kata Pemerintah, NU, Muhammadiyah, hingga BRIN

Oleh sebab itu, pihaknya sudah menggelar takbiran pada Minggu (30/4) malam secara sederhana usai menggelar salat Isya terakhir di bulan Ramadan.

Lebih lanjut, Alfitman mengatakan bahwa selain di Surau Baru ada 40 masjid jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang merayakan Idulfitri hari ini.

Adapun jemaah tersebut tersebar di berbagai daerah di Sumbar, di antaranya di Padang, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan, Payakumbuh dan lainnya.

"Sekira 2.500 jemaah melaksanakan takbiran pada Sabtu malam semuanya dan serentak melaksanakan salat id pada Minggu pagi," pungkasnya.

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumbar mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1443 Hijirah pada 1 April 2022.

Setiap tahunnya, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah ini selalu mulai puasa lima hari lebih cepat dari tahun sebelumnya. Pada 2021, Tarekat Naqsabandiyah mulai puasa pada Senin maka 2022 jatuh pada hari Jumat.

Bahkan, tahun ini puasa yang dijalankan Tarekat Naqsabandiyah tercatat genap sebanyak 30 hari.

Baca Juga: 1 Mei Besok, Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idulfitri 2022



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x