Kompas TV nasional peristiwa

Libur Lebaran 2022, 90 Ribu Kendaraan Padati Jalur Puncak Bogor

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 17:41 WIB
libur-lebaran-2022-90-ribu-kendaraan-padati-jalur-puncak-bogor
Ilustrasi kemacetan di Jalur Puncak, Bogor. (Sumber: Kontan.co.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebanyak 90 ribu kendaraan tercatat memasuki kawasan Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama libur Lebaran 2022. Rinciannya terdiri dari 40 ribu mobil dan sekitar 50 ribu dipadati sepeda motor.

"Selama hari Rabu (4/5) kemarin saja (kendaraan) yang masuk tercatat ada sekitar 40 ribu mobil dan 50 ribuan sepeda motor," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin seperti dikutip dari Antara, Kamis (5/5/2022). 

Ia menjelaskan, akibat padatnya kendaraan yang masuk ke Jalur Puncak terdapat sejumlah lokasi menjadi pusat kemacetan. Salah satunya di Pasar Cisarua, hingga jalur alternatif di sekitar Pasir Muncang, lalu Megamendung, Simpang Taman Safari dan Gunung Mas.

Baca Juga: Jalur Puncak Bogor Padat, Tol Jagorawi Arah Ciawi Berlakukan Sistem Buka Tutup

"Kawasan Puncak masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu liburan," ujarnya. 

Ia menyebutkan, peningkatan jumlah kendaraan di jalur Puncak mulai terjadi sejak Selasa (3/5/2022).

"Kami juga sudah menyiagakan 175 personel di sepanjang Jalur Puncak yang dibagi ke empat pos pengamanan, yaitu di Gadog, Cimory, Cisarua dan Masjid At-Ta'awun," katanya.

Ia mengakui hingga kini masih mengandalkan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way untuk mengurangi kemacetan.

Baca Juga: Catat! Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Mulai Hari Ini

"One way masih cukup efektif untuk menguras penumpukan kendaraan. Kami juga sudah koordinasi dengan Polresta Bogor Kota dan Polres Cianjur untuk antisipasi efek dari one way," tuturnya.

 

 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x