Kompas TV nasional peristiwa

Arus Balik Kendaraan di Tol Trans-Jawa Terus Meningkat, Waktu Sistem One Way Bakal Diperpanjang

Kompas.tv - 7 Mei 2022, 22:01 WIB
arus-balik-kendaraan-di-tol-trans-jawa-terus-meningkat-waktu-sistem-one-way-bakal-diperpanjang
Ilustrasi. Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 dan Jalan tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) di Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). (Sumber: ANTARA/M Risyal Hidayat)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kendaraan arus mudik di jalan Tol Trans-Jawa menuju Jabodetabek terus mengalami peningkatan. 

Catatan Kepolisian, di awal arus balik Lebaran 2022, jumlah kendaran menuju Jabodetabek di jalan Tol Trans-Jawa mencapai 70 ribu kendaraan.

Kemudian meningkat menjadi 120 ribu kendaraan, lalu 158 ribu dan diperkirakan akan naik lagi hingga rata-rata 160 ribu kendaraan mulai Sabtu malam (7/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022).

Baca Juga: Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Kapolri: Kemungkinan Malam Ini Ada 41 Ribu Pemudik Menyeberang

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan, peningkatan kendaraan pemudik ini menjadi perhatian petugas dalam menerapkan perpanjangan rekayasa lalu lintas satu jalur atau one way di Tol Trans-Jawa.

Sigit mencontohkan, di Tol Kalikangkung, peningkatan kendaraan mulai terjadi pukul 15.00 WIB dengan angka rata-rata di atas 5 ribu kendaraan. 

Menurut Sigit, peningkatan kendaraan ini akan berdampak selama 6 sampai 7 jam di wilayah gerbang tol Cikampek Utama (Cikatama).

"Terkait dengan evaluasi terhadap fluktuasi kenaikan angka tersebut, maka ada kemungkinan perpanjangan one way. Karena melihat angka yang ada, one way harus kita tambahkan waktunya," ujar Kapolri di kawasan gerbang Tol Cikatama, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Kemenhub Siapkan 400 Armada Bus Hadapi Puncak Arus Balik di Terminal Terpadu Merak

Lebih lanjut Kapolri menjelaskan, rekayasa one way akan terus dievalusi melihat arus kendaran di Tol Trans-Jawa menuju Jabodetabek. 

Termasuk apakah nantinya one way diteruskan sampai di Km 28 Tol Cikampek atau sampai di Tol Km 3+500 Halim.

"Ini akan dilihat dan sesuaikan dengan kondisi di lapangan," ujar Sigit.

Baca Juga: Kemacetan Bekasi Imbas One Way Arus Balik Lebaran, Waktu Tempuh 2 Kali Lipat Lebih Lama

Jurnalis KOMPAS TV Ni Putu Trisnanda melaporkan, hingga Sabtu malam (7/5/2022), jumlah kendaraan yang melakukan transaksi di gerbang Tol Cikatama, Karawang, Jawa Barat masih terus meningkat.

Pada Sabtu pagi, ada sekitar 30 ribu kendaraan yang melakukan transaksi di gerbang Tol Cikatama.  Kemudian pada pukul 15.00 WIB, ada lebih dari 64 ribu kendaraan yang sudah melakukan transaksi.

Pada Sabtu malam ini, angkanya terus meningkat dengan rata-rata per jam ada 8 ribu kendaran yang melintas mengarah ke Jabodebek atau Bandung. 

Adapun jam padat kendaraan di gerbang Tol Cikatama dalam beberapa hari terakhir terjadi pada pukul 16.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Cikatama yang Libatkan 7 Mobil

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x