Kompas TV nasional sosial

Catat! 5 Bantuan dari Pemerintah akan Cair pada Mei 2022, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 20:21 WIB
catat-5-bantuan-dari-pemerintah-akan-cair-pada-mei-2022-ini-daftarnya
Ilustrasi dana bantuan. Sejumlah bantuan sosial (bansos) dari pemerintah akan cair pada bulan ini, Mei 2022. (Sumber: KOMPAS.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah bakal kembali memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat pada Mei 2022.

Adapun pemberian bansos tersebut masih berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum reda sepenuhnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut daftar dana bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang akan cair pada bulan ini.

Baca Juga: Segera Cair, Klik cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima BLT Rp300 Ribu dan Minyak Goreng

1. BSU

Pemerintah menyampaikan, penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) selanjutnya bakal dilakukan dalam waktu dekat, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Bantuan yang awalnya dijadwalkan cair sebelum Lebaran 2022 itu, nantinya akan diberikan kepada para pekerja swasta maupun buruh dengan gaji kurang dari Rp3,5 juta per bulan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan finalisasi regulasi dan cek data calon penerima.

"Kalau ini sudah selesai, kami bisa menyalurkan segera. Kami ingin perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya sesuai dengan tata kelola yang baik," kata Anwar.

Baca Juga: Jokowi Salurkan BLT Minyak Goreng di Pos Bloc Jakarta, Realisasi Penyaluran Capai 95,7%

2. BT-PKLW

Menurut informasi dari situs resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) bakal kembali hadir pada tahun ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri mengarahkan agar BT-PKLW berlanjut dengan perluasan target penerima hingga kepada para nelayan di daerah pesisir.

Maka dari itu, program bantuannya pun berubah menjadi BT-PKLWN (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan) dengan besaran Rp600.000/orang untuk 2,76 juta penerima.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x