Kompas TV nasional update corona

Indonesia Makin Dekat dengan Fase Endemi, Satgas Covid-19 Tetap Ingatkan Upaya Pengendalian Kasus

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 23:00 WIB
indonesia-makin-dekat-dengan-fase-endemi-satgas-covid-19-tetap-ingatkan-upaya-pengendalian-kasus
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan Indonesia semakin mendekati fase endemi, usai data terkini menunjukan terjadinya tren penurunan kasus Covid-19. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia semakin dekat dengan fase endemi usai berjibaku dalam kondisi pandemi Covid-19 selama lebih kurang dua tahun terakhir ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, klaim tersebut berdasarkan data terkini yang menunjukan tren penurunan angka kasus di Tanah Air.

"Saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (10/5/2022).

Wiku menambahkan, progres yang positif tersebut juga tercermin lewat pemulihan kegiatan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ingat! Jokowi Tegaskan PPKM Belum Berakhir hingga Covid-19 Terkendali 100 Persen

Mulai dari pertumbuhan ekonomi yangg meningkat, angka pengangguran menurun, hingga naiknya laju indeks belanja serta mobilitas masyarakat.

Namun, Wiku mengingatkan, semua pihak mesti tetap mengencangkan upaya pengawasan dan pengendalian kasus Covid-19 sesuai kondisi terkini.

Maka dari itu, pemerintah pun telah memutuskan bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih terus berlanjut.

"Penggunaan masker masih tetap diwajibkan sebagaimana arahan WHO bahwa masker masih menjadi bagian strategi pencegahan Covid-19 yang komprehensif," jelas Wiku.

"Bukan karena kondisi terkendali, lantas pengendalian Covid-19 tidak dilakukan. Pengendalian serta pengawasan tetap dijalankan, namun menyesuaikan dengan situasi dan kondisi terkini," tandasnya.

Baca Juga: Menkominfo: Mudik Lebaran Momentum Akhiri Pandemi Covid-19

Adapun, dalam 24 jam terakhir ini, Satgas Covid-19 mencatat bahwa ada tambahan 456 kasus baru di Indonesia.

Sehingga, sampai hari ini, totalnya mencapai 6.049.141 kasus sejak awal kemunculan pandemi Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020 silam.

Penambahan kasus baru itu juga dibarengi dengan angka kesembuhan serta kematian pasien Covid-19 dalam satu hari ini.

Satgas mencatat, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir sebanyak 659 orang.

Jadi, jumlah keseluruhannya saat ini mencapai 5.886.870 kasus berhail sembuh.

Sementara angka kematian akibat Covid-19 bertambah 20 kasus sehingga totalnya menjadi 156.416 orang sampai hari ini.

Dengan demikian, jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini sebanyak 5.855 kasus atau berkurang 223 kasus jika dibandingkan dengan Jumat kemarin.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x