Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Gandeng Traveloka Bangun SDM Digital di Indonesia

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 16:17 WIB
pemerintah-gandeng-traveloka-bangun-sdm-digital-di-indonesia
Ilustrasi transformasi digital untuk pemulihan ekonomi.(Sumber: Pixabay)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Traveloka untuk membangun sumber daya manusia (SDM) digital di Indonesia.

Bersama Traveloka, pemerintah menyatakan komitmennya membangun SDM dengan mengadakan sejumlah pelatihan keterampilan di berbagai tingkatan.

Baca Juga: Google Sebut Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai 140 Miliar Dollar pada 2025

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan upaya membangun SDM tersebut ditujukan untuk mempercepat agenda transformasi digital nasional.

“Traveloka dan pemerintah berkomitmen membangun talenta digital di Indonesia, mengambil bagian program-program basic skill tahun 2022, tanpa SDM digital yang memadai ruang digital tentu tidak maksimal,” kata Johnny di sela acara World Economy Forum di Davos, Swiss, yang dikutip pada Rabu (25/05/2022).

Menkominfo mengungkapkan betapa pentingnya sosialisasi teknologi digital untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Menurutnya, hal itu untuk menumbuhkan semangat berwirausaha agar semua pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia melek teknologi.

Baca Juga: IPO Traveloka dan Grab di Bursa Amerika Serikat Kian Dekat

"Ini membantu pemerintah mempercepat transformasi digital sekailgus menambah minat wirausaha muda Indonesia untuk terjun ke bisnis digital," ujarnya.

"Perlu digaris bawahi bahwa potensi ekonomi digital Indonesia itu sangat luar biasa besar," katanya.

Johnny memgungkapkan, seluruh sektor ekonomi digital berkontribusi positif selama tiga kuartal berturut-turut pada 2020.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x