Kompas TV nasional berita utama

IM57 Institute Minta Firli Segera Deklarasi Capres: Jangan Malu-malu Tapi Mau

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 10:00 WIB
im57-institute-minta-firli-segera-deklarasi-capres-jangan-malu-malu-tapi-mau
Ketua KPK, Firli Bahuri, umumkan walikota Ambon jadi tersangka korupsi perizinan retail (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia Memanggil 57+ Institute, wadah yang dinaungi eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  meminta Ketua KPK Firli Bahuri tidak malu-malu untuk menunjukkan diri terkait Pemilu 2024.

Demikian Ketua IM 57+ Institute Praswad Nugraha merespons spanduk dukungan untuk Ketua KPK Firli Bahuri menjadi Presiden kepada KOMPAS TV, Selasa (31/5/2022).

“Firli jangan malu-malu tapi mau. Saran saya, Firli segera saja deklarasi menjadi Calon Presiden dan mundur dari KPK agar tidak semakin membuat kerusakan bagi KPK,” ucap Praswad.

“Atau Firli sekali lagi mau rangkap jabatan, menjadi Presiden sekaligus menjabat sebagai Ketua KPK? Seperti yang dilakukannya selama ini, menjadi Ketua KPK sekaligus menjadi Perwira Aktif Polri,” tambah Praswad.

Baca Juga: ICW pun Komentari Spanduk Bergambar Ketua KPK Firli Bahuri

Praswad lebih lanjut menuturkan dirinya tidak terkejut melhat berbagai baliho atau spanduk yang mendorong Firli Bahuri menjadi Presiden.

Di samping itu, lanjut Praswad, dalam alam demokrasi hal tersebut sah-sah saja.

“Sebetulnya saya tidak terkejut melihat berbagai Baliho yang mendorong Firli Bahuri menjadi Calon Presiden. Sebetulnya dalam alam demokrasi, hal tersebut sah-sah saja,” ujarnya.

“Ini menjadi masalah ketika hal tersebut dilakukan selama menjadi pimpinan KPK, karena manuver politik tersebut akan sangat mempengaruhi indepedensi KPK,” lanjut Praswad.

Sebagai informasi, di Banten, terdapat spanduk yang memuat foto Firli beserta tulisan "Masyarakat Banten Mendesak Tokoh Anti Korupsi Maju di Pilpres 2024" serta "#DukungIndonesiaBersih".

Tak hanya di Banten, di sejumlah daerah lain juga ada spanduk yang memuat foto Firli dan tulisan "Kami Butuh Presiden yang Getol Berantas Korupsi" serta "Firli Bahuri untuk Indonesia".

Baca Juga: ICW Minta Dewas KPK Periksa Spanduk Dukungan Firli Bahuri Jadi Capres 2024, Langgar Kode Etik?

Merespons perihal spanduk dukungan menjadi presiden, Ketua KPK Firli Bahuri mengaku tidak mengetahui apalagi berinisiatif membuat.

"Sesungguhnya sekali lagi saya ingin menegaskan bahwa spanduk itu sama sekali saya tidak tahu dan tidak ada inisiatif apapun yang datang dari saya dan saya tidak memahami bagaimana ia bisa muncul," tulisnya melalui akun Twitter @firlibahuri pada Minggu (29/5/2022).

Firli pun mengaku tidak memahami bagaimana spanduk berwajah dirinya dengan dukungan menjadi presiden bisa muncul.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x