Kompas TV nasional peristiwa

MUI Jabar Serukan Umat Muslim Salat Gaib untuk Emmeril

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 04:37 WIB
mui-jabar-serukan-umat-muslim-salat-gaib-untuk-emmeril
Emmeril Khan Mumtadz, anak Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss. (Sumber: Instagram @emmerilkahn)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyerukan umat Muslim untuk melaksanakan Shalat Gaib mendoakan putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Diketahui, Eril hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss. Hingga kini, anak sulung Ridwan Kamil tersebut belum juga ditemukan.

Baca Juga: Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Dilanjutkan Menggunakan Drone Bawah Air

Adapun seruan MUI untuk melaksanakan Sahalat Ghaib disampaikan melalui Surat Edaran MUI Jabar yang dikeluarkan di Bandung pada Kamis, 2 Juni 2022.

Surat edaran tersebut ditandatangani oleh Ketua MUI Jawa Barat Rahmat Syafei.

"MUI Provinsi Jawa Barat turut merasakan kesedihan yang mendalam seraya mendoakan semoga Bapak Gubernur beserta keluarga tetap diberi kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah ini," kata Rahmat Syafei dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat (3/6/2022).

Menurut Rahmat, rencana seruan Shalat Gaib itu telah disaksikan langsung oleh Ridwan Kamil dalam pertemuan bersama dirinya secara virtual.

Baca Juga: Wali Kota Bern Tulis Tangan Surat untuk Keluarga Ridwan Kamil, Sampaikan Duka Terkait Hilangnya Eril

Dengan demikian, Rahmat menyebut bahwa surat edaran itu pun sudah disetujui oleh pihak keluarga.

Rahmat menyampaikan keluarga Ridwan Kamil sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril sudah meninggal dunia karena tenggelam.

Selain itu, kata Rahmat, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss juga sudah menyampaikan bahwa pihak otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Eril.

Adapun status yang dimaksud dari yang tadinya berstatus mencari orang yang hilang, menjadi status mencari orang yang tenggelam.

Baca Juga: Pemerintah Swiss Sampaikan Komitmen Untuk Terus Membantu Pencarian Eril di Sungai Aare




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x