Kompas TV nasional peristiwa

Profesor Akhmad Muzakki Dilantik Menag sebagai Rektor UINSA, Gantikan Masdar Hilmy

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 06:04 WIB
profesor-akhmad-muzakki-dilantik-menag-sebagai-rektor-uinsa-gantikan-masdar-hilmy
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melantik Prof. Akhmad Muzakki sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya di Jakarta, Senin (6/6/2022). (Sumber: Laman UINSA Surabaya)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Profesor Akhmad Muzakki resmi dilantik Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya periode 2022-2026 di Kementerian Agama RI Jakarta, Senin (6/6/2022). 

Guru Besar bidang sosiologi pendidikan itu menggantikan Prof Masdar Hilmy.

Pelantikan Muzakki sebagai Rektor UINSA Surabaya ini berdasar Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor 021232/B.II/3/2022 tertanggal 6 Juni 2022.

Melansir dari laman UINSA, seusai pelantikan Muzakki menyampaikan, bahwa menjadi Rektor merupakan amanah bukan prestasi.

Karena itu, amanah harus ditunaikan dengan baik. Dia pun bertekad merespon amanah tersebut dengan kerja keras.

"UINSA adalah perguruan tinggi Islam besar. Karena itu, mengelolanya tidak boleh biasa-biasa saja. Harus dengan kerja luar biasa. Tidak hanya melangkah, yang dibutuhkan adalah melompat untuk kemajuan UINSA," kata Muzakki. 

Dia kemudian berkomitmen akan terus bekerja keras mengantarkan UINSA Surabaya menjadi (Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri) PTKN pertama yang masuk menjadi 10 PTKN terbaik di Asia.

Baca Juga: Kemenag: Jemaah yang Wafat di Arab Saudi Akan Dibadalhajikan

"Saya sebagai Rektor akan mewakafkan diri saya, tidak sekedar menjadi CEO dari sebuah perusahaan akademik tapi juga menjadi pelayan bagi kebutuhan perusahaan akademik itu untuk mengantarkan UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi perguruan tinggi yang disegani di Asia," tegasnya.

Pria kelahiran Sidoarho, 9 Februari 1974 meraih gelar guru besar pada 2015 atau saat memasuki usia 37 tahun dan berstatus guru besar termuda di Fakultas Ilmu Sosial Politik UINSA.

Melansir dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), selain di UINSA, Muzakki juga sempat menempuh  pendidikan di Australia yaitu di Australia National University, Canberra untuk meraih gelar Graduate Diploma in Southeast Asian Studies. Selain graduate diploma, dia juga meraih gelar Master of Philosophy juga dari kampus tersebut. 

Sementara gelar doktor diraihnya setelah merampungkan disertasi di School of History, Philosophu, Religion and Classic, di The University of Queensland, Australia.

Selain moncer di dunia akademik, Muzaki juga aktif mengabdikan diri dalam organisasi. 

Sejumlah organisasi yang pernah diikutinya antara lain mantan Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Jatim, Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur serta Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur.

Selain itu, Akhmad Muzzaki juga tercatat sebagai Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, sekaligus di jajaran kepengurusan PBNU periode 2022-2027 sebagai wakil sekretaris jenderal.

Baca Juga: Lepas Jemaah Haji 2022, Menag Yaqut Ingatkan Cuaca Panas di Saudi: Sering Minum Air Putih

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x