Kompas TV nasional hukum

Divonis Seumur Hidup dan Dipecat dari TNI, Tunjangan Pensiun Kolonel Priyanto Bakal Hangus

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 18:22 WIB
divonis-seumur-hidup-dan-dipecat-dari-tni-tunjangan-pensiun-kolonel-priyanto-bakal-hangus
Terdakwa Kolonel Inf Priyanto dalam persidangan di Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta, Selasa (15/3/2022). (Sumber: Kompas.com/Achmad Nasrudin Yahya)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Hakim Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta menjatuhkan penjara seumur hidup kepada Kolonel (Inf) Priyanto. 

Majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan berupa pemecatan dari dinas militer terhadap terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap sejoli Handi Saputra dan Salsabila di Nagreg, Jawa Barat itu. 

Juru bicara Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta Kolonel (Chk) Hanifan menyatakan, pemecatan Kolonel Priyanto akan dilakukan setelah vonis Kolonel Priyanto berkekuatan hukum tetap.

Baca Juga: Hakim: Kolonel Priyanto Dididik Buat Perang, Tapi Malah Digunakan untuk Menghilangkan Nyawa Orang

Nantinya, perwira menengah TNI ini akan dieksekusi di sel tahanan sipil, dan bukan di instalasi tahanan militer (staltahmil).

Hanifan juga menerangkan, konsekuensi pemecatan dari TNI ini juga bakal berimbas terhadap hak-hak perawatan dinas hingga tunjangan pensiun.

"Semua hak-hak rawatan kedinasannya itu dicabut. Jadi sudah tidak ada lagi untuk menerima pensiun ataupun tunjangan-tunjangan lainnya," ujar Hanifan di Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta Timur, Selasa (7/6/2022).

Kolonel Priyanto terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pembunuhan berencana bersama-sama, merampas hak orang lain, dan menghilangkan mayat dengan maksud menyembunyikan kematian secara bersama-sama. 

Baca Juga: Hakim Putuskan Priyanto Pembunuh Sejoli Divonis Penjara Seumur Hidup dan Dipecat dari Dinas Militer!

"Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa berupa pidana pokok penjara seumur hidup. Pidana tambahan, (terdakwa) dipecat dari dinas militer," ujar Hakim Ketua Brigadir Jenderal Faridah Faisal, Selasa. 

Hal yang memberatkan yakni perbuatan terdakwa telah merusak citra TNI AD, bertentangan dengan kepentingan militer yang senantiasa menjaga solidaritas kepentingan rakyat dalam rangka tugas pokok TNI.

Kapasitasnya sebagai prajurit berpangkat kolonel identik untuk dipersiapkan oleh negara guna berperang dan melaksanakan tugas selain perang.

Baca Juga: Sertu Bayu Diduga Tewas Dianiaya 2 Perwira, Panglima TNI Cium Gelagat Tak Beres: Sengaja Dilambatkan

"Terdakwa pada hakekatnya seharusnya melindungi kelangsungan hidup negara dan masyarakat, bukan membunuh rakyat yang tidak berdosa," ujar Hakim Faridah.

Sedangkan yang meringankan, terdakwa telah berdinas di TNI selama kurang lebih 28 tahun dan belum pernah dipidana maupun dijatuhi hukuman disiplin, dan terdakwa menyesali perbuatannya.

Vonis yang dijatuhkan hakim itu sama dengan tuntutan oditur atau penuntut umum, yakni meminta hakim menjatuhkan pidana penjara seumur hidup dan pemecatan terhadap terdakwa Priyanto.

Atas vonis tersebut, baik oditur Pengadilan Militer Tinggi maupun terdakwa Kolonel Priyanto masih menyatakan pikir-pikir.

Baca Juga: Penendang Sesajen Erupsi Gunung Semeru Divonis 10 Bulan Penjara

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x