Kompas TV nasional budaya

Renovasi Gedung Wayang Orang Bharata, Anies Bicara Soal Ikhtiar Pengembangan Kebudayaan

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 11:25 WIB
renovasi-gedung-wayang-orang-bharata-anies-bicara-soal-ikhtiar-pengembangan-kebudayaan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi sesi latihan Wayang Orang Bharata, Kamis 99/6/22). (Sumber: Tangkapan Layar Instagram @aniesbaswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi sesi latihan Wayang Orang Bharata di Gedung Wayang Orang Bharata, Senen, Kamis (9/6/22) malam. 

Anies mengapresiasi Wayang orang Bharata sebagai entitas kebudayaan di Jakarta yang telah bertahan setengah abad dan terus melakukan regenerasi kepada seniman yang lebih muda. 

"Ini bagian dari ikhtiar kita untuk mengembangkan kebudayaan," tulis Anies melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan, Jumat (10/6/22).

Baca Juga: Anies Pamer Sistem Pengendalian Banjir Jakarta Jadi Juara di Ajang Internasional

Anies menegaskan, pelestarian dan pengembangan harus terus dilakukan agar budaya mengalami pertumbuhan terus menerus mengikuti tantangan zaman.

"Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan DKI Jakarta mendukung penuh berbagai ikhtiar untuk memajukan kebudayaan, dengan melakukan renovasi infrastruktur gedung Wayang Orang Bharata," tegasnya. 

Pemprov DKI, kata dia, juga mendukung kegiatan pentas wayang pada 5 Juli 2022 di mana akan digelar pentas 50 tahun Wayang Orang Bharata dengan disponsori oleh BUMD DKI Jakarta.

"Harapannya tempat ini terus menjadi salah satu rujukan untuk mengisi waktu luang bagi masyarakat di Jakarta," kata Anies. 

Baca Juga: Resmikan Pembukaan Jakarta Fair, Anies: Kita Harap Kebangkitan Ekonomi Semakin Dipercepat

Anies menyebut Wayang Orang Bharata ini sudah melegenda dan menjadi bagian dari cerita Jakarta. 

Dia mengaku salut kepada pemain wayang yang berasal dari kalangan anak-anak yang telah menghibahkan waktu dan tenaga untuk menjaga, merawat, dan mengembangkan budaya.

"Dan tentu terima kasih kepada para orang tuanya yang mendorong mereka berminat dengan kesenian wayang orang," kata Anies. 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x