Kompas TV nasional peristiwa

Warga yang Hendak Takziah ke Makam Eril, Simak Jam dan Waktu Berikut Ini

Kompas.tv - 11 Juni 2022, 17:27 WIB
warga-yang-hendak-takziah-ke-makam-eril-simak-jam-dan-waktu-berikut-ini
Area lokasi pemakaman Eril putra Ridwan Kamil di Pasirhuni, Cimaung, Bandung. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Untuk mendoakan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang direncanakan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022) pukul 15.45 WIB, para warga juga bisa ikut takziah, khususnya di area Desa Pasirhuni.

Namun untuk waktunya sendiri, para warga diharapkan memperhatikan seksama agar bisa turut serta mendoakan secara hikmat.

Erwin Muniruzaman, kakak Ridwan Kamil, mewakili keluarga besar menjelaskan, prosesi pemakaman pada hari Senin pagi diperuntukkan bagi keluarga.

Jumlah tamu rencananya dibatasi dan ada stiker khusus bagi mereka yang bisa turut serta dalam prosesi itu. Stiker khusus itu diberikan oleh keluarga.

Setelah prosesi pemakaman keluarga, warga bisa turut hadir dan takziah langsung di lokasi. Waktunya, kata Erwin, diperkirakan setelah pukul 12.00 WIB siang hari hingga waktu magrib tiba atau pukul 17.45 WIB. 

Jika ada perubahan atas waktu takziah bagi warga ini, imbuh Erwin, akan diinformasikan lagi.

“Lokasi pemakaman masih dibuka untuk ziarah kubur untuk yang mendoakan, dibuka sampai sebelum magrib ditutup, kira-kira pukul 17.45 masih diperkenakankan untuk ziarah,” paparnya dalam Breaking News KOMPAS TV, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga: Jenazah Eril Diberangkatkan ke Pemakaman Senin Pukul 09.00, Keluarga Ridwan Kamil Ungkap Alasannya

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya  menjelaskan, untuk keesokan harinya, pemakaman juga dibuka untuk warga yang ingin berdoa dan ziarah. 

"Untuk selanjutnya, umum Selasa-Minggu dibuka mulai jam 8 pagi sampai 17.00 WIB. Kalau yang mau ziarah kubur, dipersilakan," sambungnya. 

Prosesi Pemulangan Jenazah Eril

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, setelah tiba di Bandara Soekarno Hatta, jenazah Eril akan langsung dibawa menuju Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat.

Setibanya jenazah di Bandung, warga yang ingin mendoakan langsung atau bertakziah, dapat datang ke Gedung Pakuan, Bandung.

Warga bisa datang ke Gedung Pakuan dari Sabtu (11/6) pukul 23.00 WIB malam hingga sebelum keberangkatan ke pemakaman pukul 8.00 WIB esok harinya (12/6).

"Kepada warga yang akan hadir berkeinginan untuk menyampaikan doa, dukungan, dipersilakan setelah jenazah sampai di Pakuan, setelah acara keluarga itu perkiraan jam 23.00 Minggu sampai 8 pagi Senin di Gedung Pakuan," kata Erwin dalam keterangannya, Sabtu (11/6).

Erwin juga menyampaikan, akan ada pembatasan waktu tertentu bagi masyarakat yang akan berziarah ke makam Eril.

"Selasa sampai Minggu kami buka untuk ziarah atau doa. Karena ini di area pemakaman keluarga, jadi kita perlu atur supaya tertib karena situasi di lokasi," jelasnya.

Jenazah Eril direncanakan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Pasirhuni, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin pagi.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x