Kompas TV nasional peristiwa

Keluarga Ridwan Kamil Minta Maaf Jika Rangkaian Pemakaman Eril Sebabkan Macet

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 18:49 WIB
keluarga-ridwan-kamil-minta-maaf-jika-rangkaian-pemakaman-eril-sebabkan-macet
Adik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman (Sumber: Dok, Humas Jawa Barat)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat jika prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan menimbulkan kemacetan.

Perwakilan keluarga Elpi Nazmuzaman mengatakan rencananya jenazah putra sulung Ridwan Kamil akan dikebumikan di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022) pagi. 

"Rencana keluarga, besok pagi, kami akan membawa Emmeril Kahn Mumtadz ke tempat peristirahatan terakhirnya di tempat dia dibesarkan di Indonesia," kata Elpi dalam keterangan pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2022).

"Mohon maaf apabila nanti dalam pelaksanaannya ada kegiatan warga yang terdampak, dari sisi traffic maupun dari sisi situasi di lokasi," imbuhnya. 

Seperti diketahui, jenazah Eril telah sampai di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, hari ini pukul 15.30 WIB. 

Di gedung Human Remains Transit Lounge, jenazah Eril diserahterimakan secara resmi dari Kementerian Luar Negeri ke pihak keluarga.

Usai prosesi tersebut, tepatnya pukul 16.57 WIB, jenazah Eril diberangkatkan menuju Bandung lewat jalur darat untuk disemayamkan di rumah dinas Gubernur Jabar, Gedung Pakuan, lalu disalati kembali di sana dengan diimami Ridwan Kamil.

Baca Juga: Atalia Praratya Ucap Syukur Jenazah Eril Sudah Tiba di Indonesia

"Kita melakukan perjalanan darat ke Bandung, almarhum akan disemayamkan di Gedung Pakuan, untuk kemudian mempersilakan keluarga yang ingin salat jenazah kurang lebih sampai jam 22.00 WIB," ujar Elpi. 

Dalam kesempatan itu, Elpi juga mempersilakan masyarakat untuk datang ke Gedung Pakuan guna melaksanakan salat jenazah.

Dia menambahkan masyarakat bisa salatkan Eril pada Minggu (12/6) pukul 23.00 WB hingga Senin (13/6) pukul 08.00 WIB.

"Apabila ada yang berkenan untuk juga turut melakukan salat jenazah di Gedung Pakuan, kami sangat terbuka, nanti akan dibantu protokol pengaturannya agar nyaman," jelasnya. 

Eril meninggal dunia setelah sempat terbawa arus ketika berenang di Sungai Aare, Swiss, dua pekan lalu. Ia sempat dinyatakan hilang, tapi kemudian jasadnya ditemukan pada Rabu (8/6) lalu.

Setelah sempat dimandikan dan disalatkan sesuai ketentuan syariat Islam di Rumah sakit Universitas Bern Swiss, jenazah Eril diberangkatkan ke Tanah Air di satu pesawat yang sama dengan Ridwan Kamil beserta Keluarga, pada Sabtu (11/6) pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 WIB.

Baca Juga: Keluarga Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Hormati Privasi Geraldine Beldi yang Menemukan Jenazah Eril

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x