Kompas TV nasional update

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 14:30 WIB
bmkg-terbitkan-peringatan-dini-gelombang-tinggi-hingga-4-meter-di-sejumlah-perairan-indonesia
Ilustrasi gelombang tinggi. Gelombang laut setinggi hingga empat meter berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada hari ini, Rabu (20/7/2022) hingga Kamis (21/7/2022).(Sumber: pixabay.com/Fotoworkshop4You)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

KOMPAS.TV – Gelombang laut setinggi hingga empat meter berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada hari ini, Rabu (20/7/2022) hingga Kamis (21/7/2022).

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun telah menerbitkan peringatan dini berkaitan dengan gelombang tinggi tersebut.

Gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia tersebut disebabkan oleh tingginya kecepatan angin di beberapa lokasi.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, Laut Banda bagian barat daya, perairan utara Pulau Biak, dan Samudra Pasifik Utara Pulau Biak.


 

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot,” demikian tertulis dalam peringatan dini yang diterbitkan BMKG.

“Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.”

Baca Juga: Gelombang Tinggi Landa Pantai Depok, Ada Larangan Dirikan Bangunan Semi Permanen untuk Sementara

Berikut daftar wilayah gelombang setinggi 1,25 - 2,5 meter

Beberapa wilayah perairan Indonesia yang berpotensi mengalami gelombang setinggi 1,25-2,5 meter meliputi:

Selat Malaka bagian utara; Selat Karimata; Laut Jawa; Perairan utara Jawa Timur; Perairan selatan Kalimantan; Laut Bali; Selat Lombok bagian utara; Laut Sumbawa; Perairan Pulau Sawu-Kupang-Pulau Rotte.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x