Kompas TV nasional kesehatan

Cacar Monyet Ditetapkan sebagai Darurat Kesehatan Global oleh WHO, Menular Lewat Apa?

Kompas.tv - 24 Juli 2022, 08:41 WIB
cacar-monyet-ditetapkan-sebagai-darurat-kesehatan-global-oleh-who-menular-lewat-apa
Ilustrasi virus cacar monyet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah cacar monyet atau Monkeypox sebagai keaadan darurat kesehatan global. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan wabah cacar monyet atau Monkeypox sebagai keaadan darurat kesehatan global.

Cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global, ditetapkan di tengah kurangnya kesepakatan di antara para ahli yang bertugas di komite darurat badan kesehatan PBB tersebut. 

“Kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang kami pahami terlalu sedikit dan yang memenuhi kriteria dalam peraturan kesehatan internasional,” kata Tedros, melansir Associated Press, Sabtu (23/7/2022).

“Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota komite,” tambahnya.

Baca Juga: Cacar Monyet Mewabah di Lebih dari 70 Negara, WHO Deklarasikan Darurat Kesehatan Global

WHO melakukan ini untuk mengajak ilmuan dan tenaga kesehatan dunia untuk serius dalam menangani wabah ini.

Mereka juga membunyikan alarm internasional untuk kompak mengambil tindakan berupa pendanaan dan berkolaborasi dalam berbagi vaksin serta perawatan.

Hingga saat ini, wabah cacar monyet sudah menular di lebih dari 70 negara dengan gejala demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan lemas.

Bahkan negara tetangga Indonesia seperti Thailand sudah mengonfirmasi kasus cacar monyet pertama pada 18 Juli 2022 lalu.

Dilaporkan kantor berita TNA, ada sekitar enam hingga tujuh orang telah melakukan kontak erat dengan pria yang terinfeksi di Phuket. Pria tersebut baru saja pulang dari Nigeria.

Baca Juga: Cacar Monyet di Eropa Melonjak Tiga Kali Lipat, WHO Minta Tindakan Segera

Lantas, cacar monyet menular lewat apa?

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI, Minggu (24/7), cacar monyet merupakan penyakit zoonosis yang ditularkan oleh virus ke manusia dari hewan seperti monyet dan hewan pengerat (rodent).

Cacar monyet ditularkan melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh atau lesi kulit hewan yg terinfeksi, dan mengonsumsi daging hewan liar yang terkontaminasi (bush meat).


Penularan cacar monyet antar manusia juga bisa terjadi melalui kontak dengan sekresi pernapasan, lesi kulit dari orang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi. 

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Gejala Cacar Monyet dari Hari ke Hari, Apa Saja?

"Tenaga kesehatan, orang yang tinggal serumah dan kontak erat lain merupakan orang yang berisiko tinggi. Penularan juga terjadi melalui plasenta dari ibu ke janin atau kontak selama persalinan," jelas Kemkes dalam keterangan tertulisnya.

Adapun penularan cacar monyet melalui hubungan seksual masih belum jelas sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan.




Sumber : Associated Press, Kemkes.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x