Kompas TV nasional peristiwa

Menkes Budi Gunadi Sadikin Positif Covid-19, Disebut Relatif Sehat Berkat Vaksin Booster

Kompas.tv - 29 Agustus 2022, 18:24 WIB
menkes-budi-gunadi-sadikin-positif-covid-19-disebut-relatif-sehat-berkat-vaksin-booster
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR, Senin (29/8/2022). Kini Budi sedang menjalani isolasi mandiri. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR, Senin (29/8/2022). Kini Budi sedang menjalani isolasi mandiri.

“Mohon doanya agar saya dapat segera pulih kembali,” tutur Budi Gunadi dikutip dari siaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin.

Ia mengatakan keterbukaan terkait status Covid-19 adalah tanggung jawab dirinya sebagai pejabat publik. Budi mengatakan bagi masyarakat yang positif, diminta untuk segera melakukan isolasi mandiri.

“Karena siapa pun dapat tertular dan menularkan Covid-19. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularannya dengan segera melakukan swab tes dan, jika hasil tes-nya positif, langsung melakukan isolasi mandiri,” ujar Menkes.

Dalam keterangan Kemenkes, Budi dinyatakan relatif sehat dan tak mengalami gejala Covid-19 karena sudah mengikuti vaksinasi termasuk vaksinasi booster.

Meski demikian Kemenkes tetap menyatakan vaksinasi tak menjamin seseorang bisa bebas dari Covid-19. Tetapi, vaksinasi bisa mencegah gejala sakit parah yang menyebabkan seseorang dirujuk ke rumah sakit.


Baca Juga: Mulai 30 Agustus 2022, Seluruh Pelanggan KA Jarak Jauh Wajib Vaksin Booster

Sembari menjalani isolasi mandiri, Budi disebut tetap menjalankan aktivitas harian tetapi melalui ranah virtual.

"Menkes akan melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif Covid-19. Selama isolasi mandiri, Menkes tetap akan menjalankan aktivitas sebagaimana biasa melalui ranah virtual," jelas pengumuman dari Kemenkes.

Satgas Covid-19 mengumumkan adanya penambahan sebanyak 2.871 kasus baru Covid-19 pada Senin (29/8/2022).

Dengan adanya penambahan tersebut total jumlah pasien positif sejak Indonesia mencatatkan kasus pertama menjadi 6.349.175.

Selain itu, sebanyak 4.702 pasien dinyatakan telah sembuh pada Senin. Tetapi terdapat pasien yang meninggal dunia sebanyak 21 jiwa di hari yang sama.



Sumber : Kementerian Kesehatan



BERITA LAINNYA



Close Ads x