Kompas TV nasional kesehatan

Reza Gunawan Idap Stroke Sebelum Meninggal, Kenali Gejala dan Penyebab Stroke

Kompas.tv - 6 September 2022, 21:40 WIB
reza-gunawan-idap-stroke-sebelum-meninggal-kenali-gejala-dan-penyebab-stroke
Reza Gunawan, Suami Dee Lestari yang Meninggal Dunia Akibat Stroke (Sumber: Facebook Reza Gunawan)
Penulis : Dian Septina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Suami Dewi "Dee" Lestari, Reza Gunawan, meninggal dunia pada Selasa (6/9/2022) pukul 11.53 WIB. Reza Gunawan meninggal dunia setelah sebulan lebih belakangan mengalami stroke.

Stroke merupakan penyakit yang membutuhkan penanganan sesegera mungkin begitu gejala awal muncul. Stroke terjadi saat otak tak akan mendapatkan aliran darah yang dibutuhkannya. Apabila tidak segera tertangani, kemungkinan adanya kerusakan otak, kecacatan hingga kematian.

Dengan mengetahui gejala-gejala stroke ini, Anda mungkin bisa mencegah penyakit berkembang lebih buruk.

Gejala awal stroke

Mengutip tinjauan medis "The Warning Signs of Stroke" oleh asisten profesor medis di Columbia University Minesh Khatri, MD di WebMD pada 14 November 2021, gejala awal stroke bisa dilihat menggunakan test FAST yakni:

  • Face atau Wajah: Cobalah untuk tersenyum dan lihat apakah satu sisi wajah terkulai.
  • Arms atau lengan: Angkat kedua lengan untuk melihat apakah satu tangan Anda terkulai.
  • Speech atau pengucapan: Cobalah untuk mengucapkan beberapa frase pendek dan cek apakah ada ucapan yang tak jelas dan aneh.
  • Time: Jika jawaban pertanyaan di atas adalah IYA, sebaiknya segera hubungi unit gawat darurat dan tuliskan waktu gejalanya.

Baca Juga: Profil Reza Gunawan, Suami Penulis Dee Lestari yang Meninggal Dunia akibat Stroke

Selain gejala awal yang bisa diamati dari tes FAST tersebut, gejala awal lain yang bisa muncul secara mendadak di antaranya pusing, dan sakit kepala parah yang datang tanpa alasan.

Selain itu mati rasa atau kelemahan di wajah, lengan, atau kaki terutama di satu sisi, kebingungan atau kesulitan memahami orang lain, kesulitan berbicara, esulitan melihat dengan satu atau kedua mata, dan kesulitan berjalan.

Penyebab stroke

Penyakit stroke bisa disebabkan oleh dua penyebab utama yakni arteri yang tersumbat (stroke iskemik), serta disebabkan oleh kebocoran atau pecahnya pembuluh darah atau istilahnya stroke hemoragik.

Dinukil dari MayoClinic, Dokter Spesialis neurologi Robert Brown, M.D. memaparkan tentang stroke iskemik yang  merupakan stroke paling umum, di mana jenis ini terjadi saat pembuluh darah otak menyempit atau tersumbat sehingga aliran darah berkurang.

Baca Juga: Suami Dewi Lestari, Reza Gunawan Sempat Stroke dan Pendarahan Otak Sebelum Meninggal Dunia

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh timbunan lemak yang menumpuk di pembuluh darah atau disebabkan oleh bekuan darah ataupun kotoran lain yang mengalir melalui aliran darah.

Sementara stroke hemoragik terjadi saat pembuluh darah di otak bocor atau pecah. Hal ini bisa diakibatkan banyak hal yang berpengaruh pada pembuluh darah.

Jika memang memiliki faktor risiko tersebut dan jika gejala awal stroke muncul, jangan ragu lagi untuk segera pergi ke rumah sakit guna mendapat perawatan lebih lanjut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x