Kompas TV nasional hukum

TGIPF Sepakat Seluruh Liga Sepak Bola Dihentikan Sementara sampai Rekomendasi Aturan Selesai

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 05:25 WIB
tgipf-sepakat-seluruh-liga-sepak-bola-dihentikan-sementara-sampai-rekomendasi-aturan-selesai
Seikat bunga dan poster di gerbang 13 Stadion Kanjuruhan, tempat suporter meregang nyawa usai polisi menembakkan gas air mata dan memicu kekacauan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) lalu. Foto diambil pada Selasa (4/10/2022). (Sumber: Achmad Ibrahim/Associated Press)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD menyetujui sejumlah kesepakatan dalam proses investigasi tragedi Kanjuruhan.

Anggota TGIPF Akmal Maharli mengungkapkannya usai mengikuti rapat perdana di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa (4/10/2022) malam.

Menurut Akmal, salah satu yang disepakati bersama dan disetujui oleh Menpora yakni, menghentikan sementara kompetisi PSSI Liga I, II dan III sampai TGIPF memberikan rekomendasi tentang seperti apa pelaksanaan penyelenggaraan dan pengamananan pertandingan yang harus dilakukan kepada Presiden.

Baca Juga: Kisah Pilu di Pintu 13 Kanjuruhan: Seperti Kuburan Massal, Banyak Anak Kecil dan Perempuan Meninggal

"Insyaallah dalam tiga minggu tim ini sudah dapat menyampaikan hasil kerjanya kepada Presiden, dan diharapkan bisa lebih cepat dari target itu," ujar Akmal saat dihubungi Jurnalis KompasTV Dipo Nurbahagia melalui pesan elektronik, Selasa (4/10/2022) malam.

Akmal menambahkan TGIPF bakal memberikan rekomendasi terkait penyesuaian aturan dari FIFA dengan peraturan perundang-undangan.

Regulasi ini nantinya menjadi panduan dan harus dipahami seluruh pemangku kepentingan sepak bola dalam mengelar pertandingan. Termasuk aparat keamanan, suporter, official.

Selain itu TGIPF juga memberikan rekomendasi penjatuhan sanksi bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran saat pertandingan Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Baca Juga: Korban Tragedi Kanjuruhan Jadi 131 Orang, Gubernur Jawa Timur : Semua Berhasil Diidentifikasi

"Peristiwa kerusuhan pertandingan sepak bola sudah sering terjadi dan selalu dibentuk tim pencari fakta, tapi tidak pernah berubah kondisinya. Sehingga akar masalahnya harus ditemukan oleh tim ini, untuk kemudian direkomendasikan apa yang harus dilakukan agar tidak terulang di masa yang akan datang," papar Akmal.

Adapun TGIPF Tragedi Kanjuruhan ini beranggotakan 12 orang dan dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD.

Wakil Ketua TGIPF dijabat oleh Menpora Zainuddin Amali, dan Sekretaris TGIPF dijabat oleh mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum Nur Rochmad.

Baca Juga: Diberi Waktu Kurang dari 1 Bulan oleh Presiden, TGIPF Gelar Rapat Perdananya Secara Tertutup!

Anggota TGIPF lainnya, yakni Rhenald Kasali (Akademisi/UI), Sumaryanto (Rektor UNY), Akmal Marhali (Pengamat Olahraga/Koordinator Save Our Soccer).

Kemudian Anton Sanjoyo (Jurnalis Olahraga-Harian Kompas), dan Nugroho Setiawan (Mantan Pengurus PSSI dengan Lisensi FIFA).

Lalu, Letjen TNI (Purn) Doni Monardo (Mantan Kepala BNPB), Mayjen TNI (Purn) Suwarno (Wakil Ketum 1 KONI), Irjen Pol (Purn) Sri Handayani (Mantan Wakapolda Kalimantan Barat).

Selanjutnya Laode M Syarif (Kemitraan), dan Kurniawan Dwi Yulianto (mantan pemain timnas sepak bola).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x