Kompas TV nasional peristiwa

Ahli: Pelaku Pembunuhan Wanita Tol Becakayu akan Bela Diri, Salahkan Korban karena Provokasi

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 14:48 WIB
ahli-pelaku-pembunuhan-wanita-tol-becakayu-akan-bela-diri-salahkan-korban-karena-provokasi
Wajah Pelaku Pembunuh Wanita di Bekasi Terekam CCTV saat akan buang jasad korban dengan troli (Sumber: Instagram @jakjour810)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel memprediksi, terduga pembunuh wanita di apartement Bekasi yang juga membuang mayatnya di Tol Becakayu akan melimpahkan penyebab perbuatannya dengan menyalahkan korban.

Dengan berusaha meyakinkan hakim, bahwa pembunuhan terhadap rekan wanitanya itu di apartemen Bekasi terjadi karena adanya provokasi dari korban.

Demikian Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel dalam keterangannya kepada KOMPAS.TV, Jumat (21/10/2022).

“Berdasarkan pemberitaan media, saya membayangkan pelaku nantinya akan melakukan pembelaan diri dengan berusaha meyakinkan hakim melalui tiga tahap,” ucap Reza Indragiri Amriel.

Baca Juga: Dibongkar Ricky Rizal: Skenario Pembunuhan Yosua Hanya Diketahui Ferdy Sambo, Putri, dan Richard

Pertama, ungkap Reza Indragiri, terduga pembunuh wanita di apartement Bekasi akan mengatakan pembunuhan tersebut tidak akan terjadi tanpa ada provokasi dari korban.

“Bahwa perbuatannya semata-mata karena adanya provokasi ekternal dari pihak korban. Tanpa provokasi itu, pelaku tidak akan melakukan pembunuhan,” tutur Reza Indragiri.


 

Kedua, tidak ada jeda waktu atau sangat singkat jeda antara provokasi oleh korban dan serangan pelaku terhadap korban.

“Ketiga, keseimbangan antara efek perbuatan korban terhadap pelaku dan perbuatan pelaku terhadap korban,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, terduga pelaku pembunuhan perempuan di apartemen Bekasi terekam CCTV lift apartemen saat hendak membuang mayat korbannya.

Baca Juga: Dalam Eksepsi, Ricky Rizal Tidak Bantah Ferdy Sambo Perintah Tembak Yosua dan Minta Lindungi

Dalam video rekaman CCTV yang beredar di lini media sosial, terduga pelaku membawa korbannya dengan troli.

Terduga pelaku pembunuhan masuk lift di lantai 18, yang sebelumnya berisi seorang pria. Sambil mendorong lift, terduga pelaku pembunuhan berkepala plontos yang mengenakan jersey singlet warna putih masuk sambil tersenyum.

Ia juga menyapa pria yang sudah ada di dalam. Kemudian lift tertutup dan kembali turun ke lantai 9. Namun pelaku terus mengawasi pria yang sedang sibuk main handphone di depannya.

Saat di lantai 9, lift kembali terbuka dan masuk satu orang pria lagi. Pelaku pun masih menegur dan tersenyum ke arah pria yang baru masuk.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x