Kompas TV nasional peristiwa

Penuturan Ibu yang Anaknya Wafat karena Gagal Ginjal Akut: Azkia Tak Pipis sejak Kondisinya Memburuk

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 09:38 WIB
penuturan-ibu-yang-anaknya-wafat-karena-gagal-ginjal-akut-azkia-tak-pipis-sejak-kondisinya-memburuk
Ilustrasi. Anak berusia 3 tahun 8 bulan, Azkia, warga Cipayung, Depok, meninggal dunia pada Minggu (16/10/2022) akibat gagal ginjal akut. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anak berusia 3 tahun 8 bulan, Azkia, warga Cipayung, Depok, meninggal dunia pada Minggu (16/10/2022) akibat gagal ginjal akut.

Ibunda Azkia, Soliha, menceritakan gejala-gejala penyakit yang diderita anaknya sebelum divonis gagal ginjal dan dinyatakan meninggal.

Awalnya, Azkia mengalami demam dan pilek pada Kamis 6 Oktober 2022. Soliha memutuskan untuk memberikan obat sirop penurun panas dan pilek kepada Azkia, tanpa berkonsultasi dengan dokter.

"Panasnya saya kasih paracetamol biasa (sirop), terus pileknya saya itu kasih rhinos (sirop). Enggak lama, hari Jumat itu panas dan pileknya sudah reda, makanya Azkia enggak saya bawa ke dokter," tutur Soliha, Jumat (21/10/2022), dilansir Kompas.com.

Pada Minggu 9 Oktober 2022 sekitar pukul 03.00 WIB, kondisi Azkia kembali memburuk. Azkia muntah-muntah hingga 15 kali, sehingga Soliha membawanya ke Klinik Bakti Jaya pada pukul 09.00 WIB.

Di klinik itu, lanjut Soliha, dokter memberikan resep obat penurun panas, obat pilek serta oralit.

“Saat itu anak saya masih mau makan dan minum banyak, tapi apa yang masuk ke dalam perutnya itu keluar lagi, sampai-sampai muntah kuning dan hijau itu keluar semua," ujar Soliha.


Baca Juga: Waspada karena Gagal Ginjal Akut, Guru Besar Farmasi Beri Alternatif Obat Penurun Panas

Belum Kencing sejak Kondisi Memburuk

Soliha pun menyadari bahwa Azkia belum buang air kecil semenjak kondisinya memburuk.

Gejala tersebut ia sampaikan kepada dokter yang menjaga Intalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Bunda Aliyah.

Dikarenakan kondisi Azkia terus memburuk, Soliha beserta suami memutuskan membawa Azkia ke IGD RS Bunda Aliyah untuk mendapat tindakan medis lebih lanjut.

"Nah kebetulan di sana saya buka pampersnya dan saya bilang kalau anak saya belum pipis juga dari muntah-muntah pas awal," kata Soliha.

Melihat gejala itu, dokter memutuskan untuk melakukan pengujian laboratorium. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa Azkia menderita gagal ginjal akut stadium 3.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x