Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS ke Demokrat: Aher Juga Tepat untuk Dampingi Anies, Sudah Terbukti, Tak Hanya Menang di Survei

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 16:42 WIB
pks-ke-demokrat-aher-juga-tepat-untuk-dampingi-anies-sudah-terbukti-tak-hanya-menang-di-survei
Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher, ketika ditemui di Kantor Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta, Rabu 25 April 2018. (Sumber: KOMPAS.com/ MOH NADLIR)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (jubir) DPP PKS Muhammad Kholid menyebut mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher, merupakan tokoh yang tepat untuk menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang. 

Hal ini menanggapi pernyataan Partai Demokrat yang menyatakan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, pantas dipilih Anies sebagai cawapres di pesta demokrasi nanti karena menempati peringkat kelima dalam Survei Litbang Kompas periode Oktober 2022.

Baca Juga: Demokrat: AHY Sosok yang Tepat Jadi Cawapres Anies di Pilpres 2024

"Kami memandang bahwa calon kami Aher juga punya kriteria yang cocok buat Pak Anies. Kang Aher punya elektabilitas yang baik, terbukti terpilih dua kali di Jawa Barat. Itu tidak mudah lho ya," kata Kholid kepada Kompas TV, Jumat (28/10/2022). 

Ia menyebut, kemenangan Aher di Tanah Pasundan dalam dua pilkada harus dipertimbangkan oleh NasDem dan Demokrat. 

"(Jawa Barat) Penyumbang suara terbesar di Pilpres. Selain itu, Suku Sunda itu suku terbesar kedua di Jawa."

"Kemenangan Aher dua kali di Jawa Barat itu menjadi basis teritori, bahwa beliau punya modal sosial dan politik yang teruji di lapangan bukan hanya di survei," ujar Kholid. 

Selain itu, kata dia, Aher mempunyai rekam jejak kepemimpinan yang sangat baik. Ratusan penghargaan dari dalam dan luar negeri diterima selama memimpin Provinsi Jawa Barat. 

"Memimpin 10 tahun Jawa Barat adalah modal besar buat Aher untuk naik kelas memimpin indonesia bersama Pak Anies yang sukses memimpin Jakarta," katanya.


Meski begitu, kata Kholid, PKS tetap menghormati pernyataan dari elite Partai Demokrat yang menyodorkan ketua umumnya. 

"Kami menghormati pandangan sahabat di Demokrat. Tentu wajar jika Mas AHY menjadi kandidat terbaik mendampingi Pak Anies di Pilpres 2024. Mas AHY muda, smart, dan punya tingkat keterpilihan yang baik," katanya. 

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut, hasil Survei Litbang Kompas menunjukkan kalau AHY merupakan sosok yang tepat menjadi cawapres untuk mendampingi Anies pada Pilpres 2024.

"Bagi kami, hasil survei ini semakin menunjukkan kalau AHY memang sosok cawapres yang tepat untuk Anies," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (28/10/2022).

Ia menjelaskan, dengan nilai eletabilitas AHY sebesar 6,6 persen yang notabene bukan seorang pejabat publik, tentu menjadi indikator kalau putra mantan Presidan Susilo Bambang Yudhoyono itu memang memiliki keterpilihan yang tinggi di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Litbang Kompas: Elektabilitas Anies Bakal Meningkat Lagi Jika Nasdem dan Partai Koalisi Deklarasi

"Posisi Ketum AHY, di urutan ke-5 dengan elektabilitas sebesar 6,6 persen ini terbilang tinggi. Satu-satunya sosok yang bukan pejabat publik. Bahkan, selisih dengan figur-figur di atasnya, relatif tipis," kata dia.

Herzaky menilai ini menunjukkan harapan publik kepada Anies dan AHY sebagai pemimpin nasional berikutnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x