Kompas TV nasional politik

Soal Usulan Anies dan Ganjar Dijadikan Peserta Pilpres 2024, Waketum PPP: Keputusannya di Mukernas

Kompas.tv - 1 November 2022, 19:21 WIB
soal-usulan-anies-dan-ganjar-dijadikan-peserta-pilpres-2024-waketum-ppp-keputusannya-di-mukernas
Anies Baswedan saat ditetapkan menjadi bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem pada Senin (3/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Anies Baswedan, yang bakal diajukan sebagai peserta pilpres 2024 oleh Partai Nasdem, masuk dalam radar pengurus sejumlah wilayah Partai Persatuan Pembangunan bersama sederet nama lain.

Nama lain dari wilayah itu antara lain Gubernur Jawa Timur Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menyatakan nama mereka muncul dari usulan pengurus wilayah. 

"Kami mendengarkan yang di DPP ini suara dari bawah. Nah sejauh ini Pak Sandi, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Erick adalah nama-nama yang kami terima," ujar Arsul, Selasa (1/11/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Pertemuan Anies dan Aher di Acara PKS, jadi Sinyal Peluang Cawapres Anies?

Menurut Arsul meski kelima nama tersebut menguat untuk diusulkan sebagai capres atau cawapres, namun DPP PPP belum resmi menentukan capres dan cawapres yang akan didukung.

"PPP itu berancar-ancar nanti di awal 2023 baru akan memutuskan melalui forum yang disebut dengan musyawarah kerja nasional (mukernas)," ujar Arsul.

Lebih lanjut Arsul menilai selain kelima nama tersebut kemungkinan akan muncul nama lain dari Mukernas PPP untuk dijadikan capres atau cawapres. 

Baca Juga: Bima Arya Jodohkan Ganjar dan Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024, Pengamat: KIB Harga Dirinya di Mana?

Nama hasil Mukernas DPP PPP ini yang nantinya akan dibawa ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk dibahas lebih lanjut.

"Tentu juga kalau ada sejumlah nama itu, itu akan memberikan ruang bagi PPP untuk bisa bermusyawarah dengan partai koalisinya lebih baik," ujar Arsul.


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x