Kompas TV nasional agama

Hari Ini Waktu Siang akan Lebih Cepat, Waktu Salat Datang Lebih Awal, LAPAN Beri Penjelasan

Kompas.tv - 3 November 2022, 07:36 WIB
hari-ini-waktu-siang-akan-lebih-cepat-waktu-salat-datang-lebih-awal-lapan-beri-penjelasan
Ada fenomena siang hari lebih cepat, waktu salat juga lebih maju. (Sumber: Al Jazeera)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada hari ini, Kamis (3/11/2022) akan ada fenomena langka dalam astronomis, yakni siang hari akan lebih cepat terjadi. Akibatnya, waktu dan jadwal salat diprediksi lebih cepat di sejumlah wilayah di Indonesia. 

Lewat akun resminya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, bahwa fenomena ini lantaran fenomana perputaran matahari. 

"Fenomena tengah hari yang lebih cepat pada tanggal 3 November (hari ini-red) dikarenakan nilai perata waktu yang lebih besar sehingga matahari akan transit lebih cepat dibandingkan dengan hari-hari biasanya dalam setahun," tulis @LAPAN_RI pada 31 Oktober 2022 lalu. 

Secara umum, lanjutnya, dampak tengah hari lebih awal akan menyebabkan waktu terbit Matahari lebih cepat.

Lantas, LAPAN juga menjelaskan, bahwa untuk muslim waktu salat lebih cepat dari waktu biasa. 

"Bagi umat muslim, waktu salat duha maupun waktu subuh sekaligus awal fajar astronomis yang lebih cepat dibandingkan hari-hari lainnya, terutama bagi wilayah selatan Indonesia," tambahnya. 

"Selain itu juga menyebabkan waktu terbenam Matahari (magrib) maupun waktu isya sekaligus akhir senja astronomis (awal malam astronomis) yang lebih cepat dibandingkan hari-hari lainnya, terutama bagi wilayah utara Indonesia.

Baca Juga: Besok Ada Fenomena Tengah Hari Datang Lebih Cepat, Apa Dampaknya?

Daftar Wilayah Terdampak Feneomena ini

Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Antariksa Nasional (BRIN) menyebut ini siang lebih cepat ini merupakan fenomena yang jarang terjadi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x