Kompas TV nasional agama

Satu Keluarga Tewas di Kalideres Dikenal Tertutup, Riset Ungkap Pentingnya Sosialisasi sama Tetangga

Kompas.tv - 12 November 2022, 15:29 WIB
satu-keluarga-tewas-di-kalideres-dikenal-tertutup-riset-ungkap-pentingnya-sosialisasi-sama-tetangga
Satu keluarga yang ditemukan tewas di Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022) malam, disebut jarang bersosialisasi dengan tetangga. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu keluarga yang ditemukan tewas di perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat, dikenal tertutup oleh para tetangga.

Hal itu dijelaskan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Haris Kurniawan pada Jumat (11/11/2022).

"Berdasar hasil pemeriksaan terhadap saksi, memang keluarga ini sangat tidak berkomunikasi dengan tetangga lainnya," kata Haris.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap dua keluarga korban, yakni kakak dan adiknya saudara Reni (RN). Keduanya mengaku sudah hampir lebih dari lima tahun, komunikasi terakhir dengan korban," imbuh Haris.

Beberapa penelitian mengungkap sosialisasi dengan tetangga penting untuk kesehatan psikologis.

Salah satunya riset dari Emily Greenfield dan Laurent Reyes yang dipublikasikan via jurnal NCBI.

Baca Juga: Membantu Tetangga yang Kelaparan Lebih Utama daripada Berhaji, Sayangnya Banyak yang Tidak Peka

Dalam hasil studi yang sudah terpublikasi sejak 2014 itu, dijelaskan bahwa sosialisasi dengan tetangga dapat meningkatkan kesehatan psikologis untuk orang dewasa.

Emily dan Laurent memakai data 1.071 orang dewasa berusia 40–70 tahun, partisipan Survei Nasional Pembangunan Paruh Waktu 1995–2005 di Amerika Serikat (AS).

"Beberapa asosiasi ditemukan, antara hubungan bertetangga dan dampak negatif atau positifnya." tulis kedua peneliti itu.

"Memiliki sedikit kontak dengan tetangga, secara terus menerus, atau kehilangan kontak dengan tetangga selama periode studi 10 tahun, dikaitkan dengan penurunan tingkat kesejahteraan eudaimonic."

Kesejahteraan eudaimonic merupakan pemfungsian positif yang terdiri atas evaluasi individu terhadap kondisi kesejahteraan psikologis diri sendiri.

Maka dari itu, "kelanjutan dan perubahan dalam hubungan bertetangga sangat penting, untuk aspek perkembangan kesejahteraan psikologis."

Baca Juga: Polisi Sebut Satu Keluarga yang Tewas di Kalideres Tertutup: Mereka Jarang Bersosialisasi


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x