Kompas TV nasional kesehatan

4 Cara Mudah Lindungi Diri dari Flu, Jangan Ragu Pertimbangkan Vaksinasi

Kompas.tv - 27 November 2022, 06:10 WIB
4-cara-mudah-lindungi-diri-dari-flu-jangan-ragu-pertimbangkan-vaksinasi
Ilustrasi. Cara melindungi tubuh dari flu atau influenza dibutuhkan terlebih ketika musim hujan tiba. Cara melindungi diri dan keluarga dari ancaman flu pun cukup mudah. (Sumber: Pixabay)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Cara melindungi tubuh dari flu atau influenza dibutuhkan terlebih ketika musim hujan tiba. Cara melindungi diri dan keluarga dari ancaman flu pun cukup mudah.

Seiring meningkatnya intensitas hujan di Tanah Air, penyakit flu pun rawan mengintai. Influenza sendiri dapat terjadi di daerah tropis sepanjang tahun, tidak hanya musim hujan.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), tiap tahunnya, ada jutaan orang terkena penyakit flu. Sebagian besar puluh dalam hitungan hari atau sepekan. Namun, bagi beberapa yang kurang beruntung, penyakit flu bisa mematikan.

Berikut empat tips mudah untuk menghindari serangan flu sebagaimana disiarkan WHO.

Cara Mudah Melindungi Diri dari Flu

1. Cuci tangan secara rutin

Tangan yang bersih dapat melindungi tubuh dari bermacam infeksi, termasuk influenza. Menjaga sepasang tangan dalam kondisi bersih adalah cara sederahana yang berguna melindungi kesehatan diri dan keluarga.

Baca Juga: Cara Efektif Mengatasi Balita yang Terkena Flu

Cara menjaga kebersihan tangan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin. Setelah dicuci, keringkan tangan dengan handuk yang tidak dipakai bergantian.

Apabila Anda tidak punya akses ke sabun dan air bersih, Anda bisa menjaga tangan tetap steril menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.

Cuci tangan pun tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru. Cuci tangan yang baik adalah selama kurang-lebih semenit, seperti durasi nyanyian "Selamat Ulang Tahun" dua kali.

2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x