Kompas TV nasional peristiwa

Bukan Uang, Erina Gudono Berikan Kain Batik sebagai Pelangkah untuk Kedua Kakaknya

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 22:29 WIB
bukan-uang-erina-gudono-berikan-kain-batik-sebagai-pelangkah-untuk-kedua-kakaknya
Calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono mengungkapkan dirinya memberikan pelangkah berupa kain batik untuk dua kakaknya, Nadya Sofia Gudono dan Allen Adam Rinaldy Gudono. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono mengaku memberi seperangkat kain batik sebagai "pelangkah" untuk kedua kakaknya, Nadya Sofia Gudono dan Allen Adam Rinaldy Gudono.

Diketahui, langkahan adalah tradisi yang dilakukan apabila calon pengantin menikah mendahului kakaknya yang belum menikah.

Sebelum menikah, calon pengantin memberikan pelangkah, biasanya berupa uang atau barang kepada saudara yang lebih tua karena sudah "dilangkahi".

Baca Juga: Ditanya Bulan Madu di Dalam atau Luar Negeri, Erina Gudono: Ngikut Mas Kaesang Aja

Erina Gudono sendiri telah melakukan tradisi tersebut pada saat prosesi siraman, Jumat (9/12/2022) siang.

Putri almarhum Profesor Gudono itu pun mengungkap bahwa "pelangkah" yang ia berikan bukan berupa uang.

"Kalau (pelangkah -red) untuk kakak saya sebetulnya lebih ke mengikuti adat Jawa. Saya memberikan ada kain batik untuk kakak saya yang putra, dan putri ada kain dan juga bawahan batik," ucap Erina usai acara midodareni di Dusun Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Di acara midodareni, Erina mengaku sempat bertemu dengan istri Presiden Jokowi yakni Ibu Iriana, kakak perempuan Kaesang yakni Kahiyang Ayu, dan istri Gibran Rakabuming yakni Raka Selvi Ananda.

Erina mengungkapkan, tak ada pesan khusus yang diberikan keluarga calon suaminya itu kepada dirinya.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Anak Bungsu Jokowi, GKR Hemas: Kaesang-Erina Konsultasi Prosesi Adat Nikah

"Banyak bercanda, mengobrol seperti biasa, dan mereka memberi nasihat disuruh istirahat tenang supaya besok hatinya juga tenang dalam melangsungkan akad nikah," ungkapnya.

Terakhir, Erina juga memohon doa agar acara akad nikah yang digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo, besok Sabtu (10/12/2022) bisa dilaksanakan dengan lancar.

"Mohon doanya, seluruh rekan-rekan di sini dan masyarakat yang lihat langsung maupun yang ada di rumah, kami hanya bisa mohon kerendahan hati untuk terus mendoakan, saling berdoa untuk kebaikan bersama," pungkas Erina.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x