Kompas TV nasional peristiwa

Ini Alasan Jokowi Libatkan Sejumlah Menteri di Nikahan Kaesang-Erina, Termasuk Erick Thohir

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 19:44 WIB
ini-alasan-jokowi-libatkan-sejumlah-menteri-di-nikahan-kaesang-erina-termasuk-erick-thohir
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana saat ditemui usai prosesi panggih pengantin Kaesang dan Erina di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan melibatkan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju dalam pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada wartawan selepas acara adat panggih pengantin yang dilakoni oleh Kaesang dan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Sabtu (10/12/2022).

Jokowi mengatakan, sejatinya, pernikahan Kaesang-Erina lebih banyak dipersiapkan oleh panitia yang berasal dari keluarga. 

"Ya ini pantianya sebetulnya dari keluarga. Wong kita ini punya gedung, punya catering, punya EO. Ini sudah sehari-hari," ujarnya. 

Namun, Jokowi mengaku, dalam persiapan untuk prosesi pernikahan Kaesang-Erina, pihaknya memang membutuhkan bantuan dari sejumlah menteri, salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir.

Seperti diketahui, untuk pernikahan putra bungsu Jokowi, Erick Thohir didapuk menjadi ketua panitia pelaksana. 

"Hanya untuk keprotokoleran kenegaraan, kami minta bantuan satu dua menteri," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Lega dan Plong Kaesang Sudah Menikah, Iriana: Berdua Lagi

Terkait keterlibatan Erick Thohir, Jokowi menyebut karena melihat pengalaman sang Menteri BUMN untuk menangani berbagai acara. Adapun salah satu acara besar yang pernah ditangani Erick Thohir adalah Asian Games.

"Pak Erick karena memiliki pengalaman manajemen di beberapa event yang kita lihat bisa sedikit-sedikit bantu," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengungkapkan alasan dipilihnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sebagai saksi dalam akad nikah Kaesang-Erina.

Seperti diketahui, Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi pernikahan dari pihak pengantin pria, sementara dari pihak pengantin perempuan adalah Pratikno. 

Jokowi dan sang istri, Iriana Joko Widodo mengungkapkan, pemilihan dua menteri tersebut sebagai saksi merupakan pilihan langsung dari sang putra.

"Itu yang milih (Basuki dan Pratikno) 100 persen Kaesang," kata Jokowi kepada wartawan, Sabtu sore.

"Semua Kaesang," ucap Iriana yang berada disamping Jokowi. 

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menikah dan menjadi suami dan istri, usai ijab kabul yang dilangsungkan di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12).

Baca Juga: Pesan Khusus untuk Kaesang usai Resmi Menikah, Jokowi: Kaesang kan Slengean, jadi Harus Lebih Serius


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x