Kompas TV nasional kesehatan

Rekomendasi 7 Sumber Makanan yang Baik bagi Penderita Diabetes, Ada Ikan dan Alpukat

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 20:05 WIB
rekomendasi-7-sumber-makanan-yang-baik-bagi-penderita-diabetes-ada-ikan-dan-alpukat
Ilustrasi - Beberapa rekomendasi sumber makanan untuk penderita diabetes. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Diabetes atau penyakit gula merupakan suatu penyakit kronis atau yang berlangsung dalam jangka panjang.

Secara umum, ada dua jenis utama diabetes, yaitu diabetes tipe 1 serta tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun, artinya sistem imun tubuh akan menyerang dirinya sendiri. Pada kondisi ini, tubuh kemudian tidak akan memproduksi insulin samasekali.

Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh tak membuat cukup insulin ataupun sel-sel tubuhnya tak akan merespons insulin secara normal.

Pencegahan diabetes tipe 1 ini sangat sulit dilakukan karena berhubungan langsung dengan faktor genetik. Sementara itu, diabetes tipe 2 yang umumnya bermula dari gaya hidup tak sehat masih dapat untuk dicegah. Cara untuk mencegah diabetes ini ialah dengan fokus menjaga kadar gula darah dalam keadaan normal.

Berikut beberapa rekomendasi sumber makanan untuk penderita diabetes, dilansir dari Gramedia.com

1. Ikan

Terdapat beberapa jenis ikan yang memiliki asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan jantung, seperti salmon, sarden, teri, dan makarel.

Sebuah studi menyebutkan, mengonsumsi ikan dengan lemak yang baik menjadi sumber protein, dapat mengatur serta menstabilkan kadar gula di dalam darah.

2. Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kale, dan lain-lainnya juga merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, rendah kalori, serta rendah karbohidrat. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung sumber mineral serta vitamin C.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, penderita diabetes umumnya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pada orang normal. Jadi, mereka kemudian membutuhkan makanan yang mengandung vitamin C ini lebih banyak.

3. Alpukat

Salah satu buah yang tak banyak mengandung gula ialah alpukat. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan serat tinggi, karbohidrat, serta lemak yang sehat.

Buah ini akan membantu mengurangi resistensi insulin di dalam tubuh.

4. Telur

Konsumsi telur akan membantu penderita diabetes mengelola kadar gula di dalam darah sepanjang hari. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengonsumsi 6 hingga 12 telur per minggu agar kesehatanmu tetap terjaga serta asupan protein terpenuhi.

5. Chia Seed




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x