Kompas TV nasional politik

Isu Pindah Partai Sedang Santer, Sandiaga Hadiri Harlah PPP Pakai Sarung Hijau

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 05:55 WIB
isu-pindah-partai-sedang-santer-sandiaga-hadiri-harlah-ppp-pakai-sarung-hijau
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (bersarung hijau) berbincang dengan Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Mardiono dalam acara Silaturahim Akbar PPP di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Minggu (8/1/2023). (Sumber: KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sandiaga Uno, sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menghadiri puncak perayaan harlah 50 tahun Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Acara itu digelar di Stadion Kridosono, Yogyakarta, DIY, Minggu (8/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga hadir dengan memakai sarung berwarna hijau.
 
Kehadiran Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu di tengah kencangnya kabar akan berpindah ke partai berlambang Ka'bah.

Namun begitu Sandiaga berkilah, kehadirannya di harlah PPP tidak memiliki kepentingan politik. Lagipula undangan untuk menghadiri harlah telah diterimanya enam bulan lalu.

Baca Juga: Gerindra Tepis Isu Sandiaga Uno Pindah ke PPP, Sebut Semua Kader Tegak Lurus Dukung Prabowo

Menurut Sandiaga, dia sengaja hadir karena dirinya memang bisa datang. Selain itu, dia merasa bahwa Magelang-Yogyakarta adalah destinasi wisata prioritas yang penting untuk dikunjungi.

”Pada prinsipnya, ketika memang bisa hadir, saya pun mengusahakan untuk menghadiri undangan tersebut,” ujarnya, dikutip dari Kompas.id, Minggu (8/1/2023).

Di kesempatan yang sama, Plt Ketua Umum PPP Mardiono mengatakan, Sandiaga sengaja diundang ke harlah PPP untuk melakukan supervisi, mendampingi kader-kader PPP, agar mampu menjadi pelaku UMKM atau pelaku usaha di dunia pariwisata.

”Kami berharap Pak Sandi (Sandiaga) Uno bisa membantu mendampingi agar kader-kader PPP bisa memainkan peran dan tidak sekadar menjadi penonton di daerahnya sendiri, kota Yogyakarta yang menjadi kota wisata dan kota budaya ini,” ujarnya.

Menurut Mardiono, dunia pariwisata dan UMKM menjadi sektor yang paling terdampak situasi pandemi Covid-19. Sandiaga dianggap sebagai panglima yang berperan penting karena membantu sektor tersebut kembali pulih dan bangkit kembali.

Baca Juga: Sandiaga Tak Hadiri Peresmian Kantor Pemenangan Presiden Gerindra, Prabowo Pidato soal Perpisahan

Sufmi Dasco Bocorkan Kabar Sandiaga Pindah Partai

Isu hangat Sandiaga Uno akan berpindah partai dari Gerindra ke PPP dibocorkan oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco mengaku mendapatkan kabar kepindahan Sandiaga ke partai berlambang Ka'bah itu dari rekannya di Fraksi PPP DPR RI.

Menurut dia, kepindahan Sandiaga ke PPP itu lantaran ia ingin maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

"Saya pikir pernyataan Pak Sandi yang mau mencapreskan, dan Pak Prabowo tidak masalah, itu tidak perlu dijadikan polemik. Karena saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Oleh karena itu, Gerindra tidak akan menghalangi niat Sandiaga untuk pindah partai politik (parpol).

"Sehingga kalau sudah menjadi anggota PPP itu kewenangan dari PPP untuk mencalonkan atau tidak mencalonkan," ujarnya.


 



Sumber : Kompas.id/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x