Kompas TV nasional peristiwa

Dibangun sejak 2016, Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Telan Biaya Rp1,9 T

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 10:24 WIB
dibangun-sejak-2016-jokowi-resmikan-bendungan-kuwil-kawangkoan-telan-biaya-rp1-9-t
Presiden Joko Widodo ketika meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

MINAHASA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023) pagi. 

Bendungan yang digarap sejak tahun 2016 tersebut dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun.

"Memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kibik dengan luas genangan 157 hektare," ungkap Kepala Negara ketika meresmikan bendungan tersebut, Kamis, dipantau secara daring dari tayangan Live Kompas TV.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Beringin Sila Senilai Rp1,7 Triliun, Harap Produksi Tani di NTB Meningkat

Jokowi mengatakan bendungan ini bisa digunakan sebagai pembangkit listrik, pertanian, dan mengurangi banjir yang utamanya berada di Manado.

"Karena ini berada di atas Manado, kalau tak dihentikan di sini airnya bisa lari dan menyebabkan banjir. Pernah 2014, Manado pernah banjir bandang," ujarnya.

Sebelum meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Presiden menyempatkan mampir ke Pasar Pinasungkulan, Kota Manado, untuk menyerahkan bantuan sosial bagi para pedagang.

Baca Juga: Gibran Cari Mantan Karyawan UNIBI yang Hina Jokowi, Sebut akan Dicarikan Kerja

Ia juga membagi-bagikan kaus ke arah masyarakat yang menghampirinya ketika keluar dari Hotel Four Points by Sheraton Manado menuju peresmian bendungan.

Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Sulawesi Utara.


 

 
 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x